Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ketemu Bhre, Ganjar Usul Wisatawan Bermalam di Pura Mangkunegaran Solo

Pertemuan KGPAA Mangkunegara X, Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghasilkan ide wisatawan merasakan sensasi bermalam di Pura Mangkunegaran Solo.
SHARE
Ketemu Bhre, Ganjar Usul Wisatawan Bermalam di Pura Mangkunegaran Solo
SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jateng, Semarang, Kamis (7/7/2022), membahas rencana pengembangan Keraton Pura Mangkunegaran Surakarta. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Pertemuan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghasilkan sejumlah ide.

Ganjar mengatakan Mangkunegara X itu berkeinginan untuk merevitalisasi Pura Mangkunegaran Solo sesuai dengan apa yang ada dipikirannya. Selain untuk melestarikan dan mengembangkan budaya, revitalisasi Pura Mangkunegaran juga dapat membuka ruang publik untuk belajar kebudayaan Jawa, khususnya budaya keraton.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Ini waktu yang tertunda dan saya senang karena Gusti Bhre ingin melakukan semacam revitalisasi keraton dengan keseniannya, dengan kebudayaannya. Beliau akan me-manage kondisi keraton yang ada hari ini untuk kemudian bisa dikembangkan,” katanya saat bertemu Bhre di Rumah Gubernur Jateng, Semarang, Kamis (7/7/2022).

Terkait pengembangan Pura Mangkunegaran Solo, Ganjar mengungkapkan sudah ada seni tari karya Gusti Bhre yang telah ditampilkan. Selain itu, ide pengembangan batik sehingga memiliki lebih banyak corak.

Dari sisi pariwisata, ada ide memasukkan Dinner with The King dengan menu masakan raja tempo dulu.

Baca Juga : Bhre Temui Ganjar di Semarang Bahas Pura Mangkunegaran Solo, Kenapa Ya?

“Saya tadi juga ikut membantu, mendukung ide-ide kreatif dari sisi pariwisata, budaya, dan kesenian. Dalam konteks pariwisata adalah pemanfaatan keraton. Tadi idenya Dinner with The King, ternyata sudah setuju. Bahkan, kemarin sudah dilakukan meskipun belum rutin. Nah kalau ini bisa jadi paket wisata bagus,” jelasnya.

Untuk mendukung itu semua, Ganjar mendorong ada pengaturan zona di Pura Mangkunegaran Solo bagi wisatawan. Misalnya, lanjut Ganjar, zona mana yang tidak boleh didatangi atau dimasuki wisatawan dan zona yang boleh. Bahkan, Ganjar mendorong wisatawan bisa merasakan bagaimana menginap di Pura Mangkunegaran Solo.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo, mengungkapkan dukungan dari Ganjar Pranowo dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya pengembangan Pura Mangkunegaran Solo sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa itu luar biasa.

Dia berharap Pura Mangkunegaran Solo dan Pemprov Jateng dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan kebudayaan.

“Saya sangat senang sekali dan suatu kehormatan juga kami bisa bertemu Bapak Gubernur. Kami senang dan bersyukur atas support beliau yang luar biasa. Agar terus berkembang, harapan ke depan Pura Mangkunegaran bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi, terutama kegiatan kebudayaan,” jelasnya.

Baca Juga : Bhre Cakrahutomo Mengubah Wajah Mangkunegaran



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode