SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo menjadi venue pembukaan turnamen pramusim Piala Presiden 2022. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Para suporter diperbolehkan menonton langsung pertandingan sepak bola Piala Presiden 2022 yang akan dimulai pada Sabtu (11/6/2022) di Stadion Manahan Solo. Hal ini menjadi angin segar dunia olahraga nasional.

Kebijakan itu tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang semakin terkendali. Seperti diketahui dua tahun terakhir laga-laga sepak bola di stadion tidak boleh ditonton langsung para suporter atau penggemar sepak bola.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Meski boleh mendatangkan suporter, panitia pelaksana (panpel) pertandingan membuat aturan ketat bagi suporter yang datang dan menonton tim kesayangan mereka di Stadion Manahan. Salah satunya dengan mengecek barcode untuk melihat keabsahan tiket.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu ada pengecekan dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memastikan penonton pertandingkan Piala Presiden 2022 sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis primer. “Salah satu syaratnya para penonton sudah dilengkapi vaksin primer, dosis 1 dan 2,” ujar Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan di Mapolresta Solo, Kamis (9/6/2022).

Dia menyatakan menggandeng Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo dalam kegiatan tersebut. Koordinasi intensif terus dilakukan termasuk terkait opsi pemakaian masker bagi para penonton di stadion. “Lebih lanjut akan kami sampaikan terkait pemakaian masker saat menonton di stadion,” urainya.

Baca Juga: Ingin Nonton Piala Presiden 2022 di Manahan? Ini Syarat Beli Tiketnya

Penjualan Makanan dan Minuman

Ade menerangkan koordinasi juga masih terus dilakukan dengan panpel terkait opsi penjualan makanan dan minuman di dalam stadion. Hal itu menurutnya masih terus didiskusikan agar sekecil apa pun potensi yang dapat mengganggu pertandingan bisa dieliminasi. “Koordinasi diefektifkan agar kegiatan ini aman,” terangnya.

Ade juga menyatakan petugas keamanan akan ditempatkan di setiap pintu untuk melakukan pemeriksaan terhadap para penonton pertandingan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, termasuk barang bawaan. Ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa masuk ke stadion.

Barang-barang tersebut seperti minuman keras, lampu laser, serta barang lainnya. Suporter atau penonton yang dalam kondisi mabuk atau dalam pengaruh minuman keras juga tidak dibolehkan masuk stadion.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Piala Presiden 2022, Sport Tourism Solo Makin Mantap

Hal itu bisa mengganggu pertandingan. Ihwal pembelian tiket, menurut Ade, dilayani secara online maupun offline. Ade meminta panpel agar tidak melakukan penjualan tiket di stadion.

“Kami sampaikan ke panpel agar tidak melakukan penjualan tiket di kawasan stadion. Kami berharap semua yang datang atau masuk Manahan, semua sudah mendapatkan tiket. Panpel akan menyiapkan barcode untuk cek keabsahan tiket yang sudah dibeli, termasuk pengecekan aplikasi PeduliLindungi,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya