SOLOPOS.COM - Ilustrasi positif hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah tanda-tanda hamil yang kurang disadari lantaran mirip dengan gejala sebelum menstruasi misalnya kram pada perut dan rasa tidak nyaman pada payudara. Tidak jarang, hal ini membuat banyak wanita tak sadar bahwa mereka sudah memasuki periode awal kehamilan.

Bagi wanita yang belum pernah mengandung sebelumnya atau belum pernah memiliki anak, tentu tidak mudah mengenalinya. Simak ulasannya di tips kehamilan kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari alodokter.com pada Selasa (17/5/2022), berikut adalah tanda-tanda hamil yang bisa terjadi di awal kehamilan:

1. Perdarahan ringan dan kram pada perut

Pada proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi calon janin dan menempel pada dinding rahim. Proses penempelan ini dapat merusak beberapa pembuluh darah di dinding rahim dan menyebabkan perdarahan ringan.

Baca Juga: Bolehkah Potong Rambut saat Hamil? Ini Penjelasannya

Tanda ini biasanya terjadi antara 6–12 hari setelah sel telur dibuahi. Perdarahan bisa terlihat sebagai bercak darah berwarna pink atau coklat, dan bisa juga terlihat seperti darah menstruasi yang masih sedikit.

Selain perdarahan ringan, wanita hamil juga biasanya akan merasakan kram pada perut. Kram ini mirip dengan kram sesaat sebelum menstruasi, namun lebih ringan. Inilah yang menyebabkan pendarahan dan kram perut sering terlewatkan sebagai tanda hamil.

2. Terlambat menstruasi

Setelah calon janin menempel pada dinding rahim, tubuh Anda akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG), yakni hormon yang membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga berfungsi untuk menghentikan menstruasi Anda setiap bulannya selama masa kehamilan.

Baca Juga: Apakah Betul Nanas Muda Bisa Buat Mencegah Kehamilan?

Kebanyakan wanita mulai tidak menstruasi 4 pekan setelah terjadinya pembuahan. Oleh karena itu, terlambat menstruasi 1 kali saja sudah bisa menjadi tanda hamil, kecuali pada wanita yang memang jadwal menstruasinya tidak teratur.

3. Perubahan pada payudara

Perubahan pada payudara dapat terjadi pada awal kehamilan. Biasanya, payudara akan menjadi bengkak, nyeri, dan terasa lebih berat. Area di sekitar puting juga biasanya berubah menjadi lebih gelap. Gejala yang satu ini hampir sama dengan yang dirasakan saat menstruasi, namun kali ini lebih sakit.

Perubahan tersebut terjadi karena tubuh Anda sudah menyiapkan diri untuk menyusui sejak awal kehamilan. Pada saat ini, aliran darah ke payudara akan meningkat, jaringan lemak baru mulai terbentuk, dan saluran susu juga mulai mengembang.

4. Kelelahan

Sejak awal hamil, kadar hormon progesteron dalam tubuh Anda akan meningkat. Hormon ini dapat membuat Anda mengantuk dan kelelahan walaupun aktivitas yang dilakukan sama seperti biasa.

Baca Juga: Kematian Ibu Hamil di Solo Tinggi, Selvi Ananda Sorot Peran Suami

Selain itu, kelelahan juga bisa disebabkan oleh banyaknya energi tubuh yang dipakai untuk mempersiapkan kehamilan, misalnya untuk memproduksi sel darah lebih banyak. Hal ini bisasanya dapat Anda rasakan 1 minggu setelah terjadinya pembuahan.

5. Lebih sering buang air kecil

Hormon hCG yang diproduksi saat minggu pertama kehamilan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke area panggul. Inilah yang menyebabkan wanita hamil cenderung akan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

6. Mual-mual

Mual-mual atau morning sickness adalah salah satu tanda hamil yang paling terkenal. Seperti namanya, gejala ini biasanya muncul di pagi hari, namun tidak menutup kemungkinan mual-mual juga dirasakan di siang dan malam hari.

Baca Juga: Terlihat Lebih Gemuk, Benarkah Syahrini Hamil?

Mual-mual biasanya mulai dirasakan saat memasuki usia kehamilan 4–6 minggu, dan berakhir saat kehamilan memasuki trimester kedua (minggu ke-13 atau ke-14).

7. Perubahan suasana hati

Selama kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron akan meningkat. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang lebih cepat dan membuat Anda lebih emosional atau sensitif dari biasanya, misalnya Anda jadi mudah cemas dan marah.

Selain itu, ada pula beberapa tanda tidak spesifik lainnya yang bisa dirasakan oleh wanita hamil seperti ngidam, sakit kepala, sakit punggung, hingga sembelit.

Baca Juga: Ibu Hamil Berpuasa di Trimester Pertama, Adakah Efek Terhadap Janin?

Tanda-tanda hamil bisa berbeda bagi tiap wanita, ada yang merasakan semua tanda kehamilan di atas, namun ada juga yang hanya merasakan 1 atau 2 tanda saja. Selain itu, tanda-tanda ini bisa saja tertukar dengan tanda sebelum menstruasi atau kondisi kesehatan lain.

Oleh sebab itu, bila Anda menyadari 1 atau 2 tanda-tanda  tersebut, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan dengan test pack untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya