Ketahui Sit Up yang Benar saat Puasa Agar Tubuh Tak Lemas
Solopos.com|lifestyle

Ketahui Sit Up yang Benar saat Puasa Agar Tubuh Tak Lemas

Ketahui tips sit up yang benar saat puasa agar terhindar dari rasa lemas.

Solopos.com, SOLO--Salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat puasa adalah sit up.  Namun agar tubuh tidak lemas, sebaiknya ketahui cara melakukannya yang benar.

Bagaimana cara melakukan sit up yang benar supaya terhindar dari rasa lemas? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Banyak orang yang menganggap bahwa olahraga saat puasa akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Padahal olahraga yang dilakukan dengan benar saat puasa dapat meningkatkan kesehatan otot. Bahkan sit up juga dapat menjaga kestabilan gerakan tubuh, menjaga pencernaan dan peredaran darah.

Tips sit up yang benar saat puasa berkaitan dengan kegiatan tidak makan dan minum di bulan Ramadan ini. Walaupun memiliki berbagai manfaat, sit up sit up saat puasa memang perlu trik khusus agar tubuh tidak lemas dan tujuan olahraga bisa tercapai.

Baca Juga: Begini Cara Emosi Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut ini cara melakukan sit up yang benar saat puasa sebagaimana melansir laman Liputan6.com rangkum pada Sabtu (17/4/2021):

Lakukan sebelum sahur atau sebelum berbuka

Tips sit up yang benar saat puasa ramadan pertama adalah memperhatikan waktunya. Sebaiknya kamu melakukan sit upsaat perut sedang kosong, yaitu pada pagi hari, 30 menit sebelum sahur.

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya 30 menit sebelum berbuka puasa. Durasi olahraga bisa berbeda-beda setiap orang. Namun, standar untuk berolahraga sembari berpuasa adalah sekitar 30-60 menit setiap sesinya.

Jangan memaksakan diri

Tidak memaksakan diri dan tetap santai juga sangat penting sebagai tips sit up yang benar saat puasa Ramadan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelelahan. Kamu bisa melakukan sit up sebanyak 5-6 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit.

Baca Juga: Ketahui 4 Faktor Pemicu Milenial Alami Gangguan Tidur

Sit up di kala puasa nyatanya memang masih mungkin kamu lakukan, karena masih tergolong olahraga sederhana. Namun, perlu diketahui bahwa otot membutuhkan waktu hingga 2 pekan  untuk beradaptasi dengan lemak selama berpuasa. Namun selanjutnya, kamu akan terbiasa melakukannya.

Hindari gorengan

Tips sit up yang benar saat puasa Ramadan selanjutnya adalah menghindari gorengan. Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih ataupun makanan berlemak jika ingin sit up yang kamu lakukan selama Ramadan memberikan hasil yang signifikan. Lebih baik, gantilah dengan sayur dan buah.
Perbanyak Protein Saat Sahur

Nutrisi pada makanan juga perlu diperhatikan sebagai tips sit up yang benar saat puasa Ramadan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine and Science in Sports & Exercise memaparkan bahwa konsumsi protein sekitar 30 menit sebelum berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh selama 24 jam setelah berolahraga.

Perbanyak minum air

Tips sit up yang benar saat puasa Ramadan berikutnya adalah memperbanyak minum air putih. Minumlah banyak air putih sebelum berolahraga saat sahur, atau setelah selesai berolahraga dan telah tiba waktu berbuka puasa. Selain air putih, minuman seperti air kelapa juga dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, saraf dan otot.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago