Ketahui Risiko dan Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil

Manfaat puasa bagi ibu hamil tidak jauh berbeda dengan manfaat yang diperoleh orang berpuasa pada umumnya.
SHARE
Ketahui Risiko dan Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil
SOLOPOS.COM - Ibu hamil. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bulan Puasa sudah di depan mata, bagi ibu hamil sebaiknya ketahui risiko dan manfaat menjalankan ibadah puasa. Simak ulasannya di info sehat dan tips kehamilan kali ini.

Sebelum mengetahui manfaat puasa bagi ibu hamil, terlebih dulu ketahui risikonya terutama saat usia kehamilan trimester pertama. Ini  merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, karena di periode inilah organ janin mulai terbentuk. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik guna menunjang tumbuh kembang janin.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Di samping manfaat, ada sejumlah masalah kesehatan lain yang bisa berisiko terjadi ketika ibu hamil menjalani puasa, di antaranya:

– Tubuh terasa lemas
– Sakit kepala
– Asam lambung naik
– Dehidrasi
– Pusing
– Pingsan

Baca Juga: Ibu Hamil Berpuasa di Trimester Pertama, Adakah Efek Terhadap Janin?

Meski terdapat berbagai risiko puasa di trimester pertama, bukan berarti ibu hamil dilarang berpuasa. Puasa saat hamil boleh saja dilakukan, asalkan ibu hamil dan janin dalam kondisi sehat dan memiliki berat badan yang cukup.  Untuk memastikan kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat saat berpuasa, cukupilah asupan makanan bergizi saat berbuka dan sahur agar kehamilan tetap sehat.

Ekspedisi Energi 2022

Manfaat puasa bagi ibu hamil tidak jauh berbeda dengan manfaat yang diperoleh orang berpuasa pada umumnya. Berikut ini sejumlah manfaat yang dapat dirasakan seperti dikutip dari alodokter.com pada Jumat (1/4/2022):

1. Mengontrol berat badan saat hamil

Salah satu manfaat puasa bagi ibu hamil adalah bisa mengontrol berat badan. Ibu hamil sering kali merasa lebih cepat lapar sehingga bisa meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Saat berpuasa, makan hanya bisa dilakukan pada sore dan malam hari. Dengan demikian, kenaikan berat badan saat hamil bisa lebih terkontrol.

Baca Juga: Ibu Hamil Positif Covid-19, Apakah Dampaknya Terhadap Janin?

2. Memperbaiki metabolisme tubuh

Manfaat puasa untuk ibu hamil diyakini dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Saat berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

3. Mengurangi risiko penyakit diabetes

Berpuasa bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan kinerja insulin. Manfaat puasa ini bisa membuat ibu hamil berisiko lebih rendah mengalami diabetes.

Baca Juga: Apakah Vaksin Booster Covid-19 Aman Bagi Ibu Hamil?

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat puasa lainnya bisa mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit pada ibu hamil, misalnya hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Namun, manfaat puasa pada ibu hamil tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.  Setelah mengetahui risiko dan manfaat puasa selama kehamilan, Bumil dapat memutuskan untuk tetap berpuasa atau tidak.

Sebagai catatan, ingatlah untuk tidak memaksakan diri untuk berpuasa bila kondisi Bumil atau janin tidak memungkinkan, dan selalu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan keamanan berpuasa saat hamil.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago