SOLOPOS.COM - Ilustrasi alarm mobil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Kejadian yang sering dialami oleh pemilik mobil biasanya alarm yang tidak berbunyi saat pemilik menekan tombol kunci pada remote, apakah rusak atau ada penyebab lain? Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Makin canggihnya teknologi khususnya di bidang otomotif kian mempermudah pengamanan kendaraan. Salah satu caranya dengan menambah pengaman seperti alarm mobil. Saat ini mobil-mobil keluaran terbaru telah menggunakan fitur pengamanan ini untuk mencegah terjadinya pencurian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebenarnya peran alarm dalam segi keamanan memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Fungsi utamanya yaitu untuk mencegah terjadinya pencurian. Sensor yang merupakan komponen pada alarm biasanya berbentuk switch dan dipasang pada pintu. Ketika pintu mobil dibuka, switch ini kemudian mengirim sinyal ke bagian control unit.

Baca Juga: Ketahui Dampak Jangka Panjang Mobil Terkena Banjir, Jangan Diabaikan!

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut ini beberapa penyebab alarm mobil tidak mengeluarkan bunyi ketika sudah menekan tombol kunci pada remote seperti dikutip dari Antara pada Selasa (1/11/2022):

1. Baterai Central Lock lemah

Baterai yang sudah habis penyebab paling sering dialami pemilik mobil tanpa mereka sadari. Seiring dengan meningkatnya penggunaan remote alarm mobil, baterai pada central lock juga akan berkurang.

Pada suatu titik, baterai bisa habis sehingga menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Alhasil, pemilik harus membuka dan menutup kunci mobil secara konvensional.

Baca Juga: Biaya Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Jika hal ini terjadi pada anda, disarankan untuk cepat mengganti baterai yang baru agar pemilik kembali mendapatkan rasa yang aman dan juga nyaman saat meninggalkan kendaraan.

2. Alarm dalam pengaturan ValetMode

Sebenarnya banyak faktor yang membuat alarm mobil tidak mengeluarkan suara ketika pemilik menekan tombol kunci atau buka, salah satunya adalah dengan mengatur Valet Mode atau mode senyap. Biasanya, mode ini diaktifkan saat seseorang menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya.

Untuk hal ini, memang biasanya para pemilik tidak terlalu memikirkan keamanan dari mobilnya, karena sudah menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang terkait untuk menjaga dan juga memarkirkan mobilnya di tempat yang khusus.

Untuk mengubah mode ini ke mode sebelumnya, pemilik hanya cukup membuka pintu kemudi lalu tekan tombol lock yang bergambar gembok pada alarm. Setelah itu, ganti tekan tombol unlock atau gambar gembok terbuka. Biasanya, pada titik ini alarm akan kembali mengeluarkan suara seperti biasa. Jika sudah seperti ini, pemilik hanya tinggal memencet tombol kunci untuk mematikannya.

3. Kerusakan pada sistem alarm

Penyebab alarm mobil tidak berbunyi lainnya adalah adanya kerusakan pada sistem alarm mobil, yang menyebabkan tidak munculnya suara dari alarm tersebut. Jika terjadi kerusakan pada modul alarm, maka tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine. Aikbatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci.

Baca Juga: Perlu Tahu, Begini Cara Merawat Cat Mobil dengan Benar

Jika kasus ini melanda remote mobil, disarankan untuk pemilik segera mengganti atau memperbaiki masalah tersebut agar tetap mendapat kenyamanan dan juga rasa aman ketika meninggalkan kendaraannya di tempat umum maupun di rumah.

4. Pintu tidak tertutup rapat

Salah satu hal yang sering terjadi adalah kurang rapatnya pemilik menutup pintu kendaraan mereka. Sehingga, hal ini tentukan menimbulkan masalah pada saat mengunci kendaraan.

Mulai dari tidak menyalanya alarm mobil hingga kendaraan tidak akan mau terkunci. Untuk kejadian tersebut, pemilik disarankan untuk memeriksa seluruh bagian pintu agar tertutup rapat dan segera bisa mengunci kendaraan dengan baik agar terjauh dari segala macam pencurian yang merugikan pemilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya