Ketahui Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur Supaya Perut Awet Kenyang
Solopos.com|lifestyle

Ketahui Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur Supaya Perut Awet Kenyang

Ada sejumlah makanan sebaiknya dihindari saat sahur, apa saja?

Solopos.com, JAKARTA–Agar puasa berjalan lancar dan perut tetap terasa kenyang, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur nih. Memang sih santapan ini terlihat lezat namun ternyata bisa bikin perut cepat lapar.

Lalu makanan apa sajakah yang harus dihindari saat sahur? Simak ulasannya dalam tips kesehatan kali ini. Meski kita tengah menjalankan ibadah puasa, namun aktivitas harian tetap jalan terus. Nah, jika sahur dengan makanan yang tidak tepat, niscaya perut cepat terasa lapar saat kita menjalankan ibadah puasa.

Karena itu makanan yang dimakan saat sahur tidak boleh sembarangan. Saat sahur sebaiknya makanlah makanan yang bernutrisi dan kaya akan serat agar kenyang lebih lama. Dikutip dari berbagai sumber dan detikcom, Rabu (14/4/2021), berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Roti

Roti memang bisa jadi alternatif untuk pengganti nasi. Hanya,  sebaiknya hindari makan roti saat sahur bisa bikin cepat lapar. Karena pada dasarnya, roti terigu dan nasi putih termasuk karbohidrat sederhana. Hal yang membedakannya adalah roti terigu lebih banyak mengalami pengolahan dan lebih halus dibandingkan dengan nasi, sehingga karbohidrat yang dikandungnya semakin mudah dicerna menjadi energi.

Baca Juga: Begini Cara Memenuhi Asupan Cairan Tubuh Saat Puasa

2. Makanan berlemak

Makanan berlemak menjadi godaan saat sahur, seperti ayam goreng atau kentang goreng. Namun, makanan tersebut justru mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan masalah pada lambung kamu. Kebanyakan mengonsumsi makanan berlemak bisa membuat perut begah lho. Asupan jenis ini juga sebaiknya dihindari pengidap maag.

“Maag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, seperti makanan yang tinggi lemak. Jadi diusahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak,” jelas dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK.

3. Makanan manis

Nah kalau berbuka puasa dianjurkan untuk konsumsi makanan manis terlebih dahulu, saat sahur berbeda. Sebaiknya pada saat sahut hindari makanan maupun minuman manis berlebihan karena jenis asupan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Apabila kadar gula darah meningkat, maka pankreas akan melepas hormon insulin. Ketika insulin dilepas, glukosa bisa turun lagi sampai di bawah normal yang akan menyebabkan orang tersebut merasa lemas, capek, dan mudah ngantuk.

4. Tinggi kandungan garamnya

Makanan yang mengandung garam ternyata dapat meningkatkan risiko dehidrasi lho, sebab kemampuan tubuh untuk menyerap cairan akan terganggu.

Baca Juga: Ini Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Bisa saja sebelum jam 12 siang sudah merasa haus. Makanan dengan kandungan tinggi garam juga berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jadi, mumpung sekarang lagi puasa, kurangi konsumsi garam.

5. Makanan pedas

Bagi penggemar makanan pedas sebaiknya bisa dikurangi santapan pedas saat sahur. Sebab,mengonsumsi makanan pedas saat sahurakan membuat perut tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat.

Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan sakit perut, mules, bahkan diare. Jika sampai menyebabkan diare, tubuh kamu akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago