Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ketahui Kondisi Kesehatan Mata Anda Dengan Pemeriksaan Tonometri

Untuk mengetahui kondisi saraf optik dan apakah kita mengalami glukoma adalah dengan pemeriksaan tonometri dan ini bisa dilakukan di Poli Mata RS JIH Solo.
Ketahui Kondisi Kesehatan Mata Anda Dengan Pemeriksaan Tonometri
SOLOPOS.COM - Pemeriksaan kondisi mata apakah ada gejala glaukoma dengan tonometri. (Hellosehat.com)

Solopos.com, SOLO – Mata adalah salah satu indera manusia yang berperan penting untuk mendukung aktivitas keseharian dan mengagumi ciptaan Tuhan. Untuk itu selayaknya kita harus selalu menjaga kesehatan mata dengan rutin melakukan pemeriksaan mata.

Salah satu gangguan mata adalah glaukoma, penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan akibat rusaknya saraf di bagian belakang mata (saraf optik) . Dikutip dari hellosehat.com, cairan mata normalnya mengalir keluar melalui sudut drainase mata.

Pada sebagian besar kasus glaukoma, kerusakan saraf optik terjadi karena menumpuknya cairan yang tidak bisa mengalir keluar dari mata dengan benar. Penumpukan inilah yang kemudian meningkatkan tekanan bola mata.

Baca juga: Bisa Lihat Organ Dalam Tubuh, Ini Keunggulan MRI di RS JIH Solo

Untuk mengetahui kondisi saraf optik dan apakah kita mengalami glukoma adalah dengan pemeriksaan tonometri. Yaitu tes mata menggunakan tonometer yang bertujuan untuk mengukur tekanan di dalam bola mata Anda, atau yang disebut dengan tekanan intraokular (TIO).

Tes tonometri dapat dilakukan setiap beberapa bulan atau tahun sekali sebagai bagian dari pemeriksaan mata rutin. Selain itu, karena tekanan intraokular dapat berubah sewaktu-waktu, tonometri bukan satu-satunya tes yang dilakukan untuk memeriksa glaukoma.

Jika TIO tinggi, pemeriksaan mata tambahan seperti oftalmoskopi (funduskopi), gonioskopi, dan uji lapangan visual mungkin diperlukan. Adapun jenis tonometri ada, tonometri goldmann, tonometri elektronik, dan tonometri nonkontak.

Baca juga: Ketahui Kondisi Jantung dengan Cath Lab atau Kateter Jantung

Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani pemeriksaan tonometri apabila memiliki gejala-gejala glaukoma. Seperti penurunan penglihatan terutama di bagian pinggir mata, mata seperti melihat dari terowongan. Penglihatan kabur, melihat lingkaran pelangi di sekitar lampu atau cahaya dan mata memerah.

Selain itu saran pemeriksaan tonometri juga kepada orang-orang yang memiliki faktor resiko. Seperti berusia di atas 40 tahun, ada keluarga yang glaukoma, memiliki tekanan bola mata tidak normal, rabun jauh atau rabun dekat. Pernah mengalami trauma pada mata, menderita diabetes, migraine, dan hipertensi.

Jika Anda memiliki gejala atau faktor risiko glaukoma dan menghendaki pemeriksaan tonometri bisa datang ke poli mata di RS JIH Solo. Untuk mendapatkan layanan ini di RS JIH Solo Anda dapat menghubungi telepon (0271) 7469100 atau WhatsApp (WA) 081911500805.

 

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita
    Part of Solopos.com
    Punya akun? Silahkan login
    Daftar sekarang...
    Support - FaQ
    Privacy Policy
    Tentang Kami
    Kontak Kami
    Night Mode