SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengukur lingkar dada. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Pertanyaan kapan payudara wanita berhenti tumbuh bisa jadi kerap bikin penasaran. Untuk mengetahui kesehatan alat reproduksi wanita, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Di luar sana ada banyak sekali mitos terkait cara memperbesar payudara. Salah satunya adalah meremas payudara, baik dilakukan sendiri maupun dilakukan pasangan. Hal ini hanyalah mitos.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kendati tidak terbukti secara ilmiah, penelitian dari University of California menemukan manfaat meremas payudara. Ketua Tim Peneliti, Gautham Venugopalan, mengatakan meremas payudara dapat membunuh kanker. Penelitian laboratorium menemukan bahwa memberikan tekanan fisik pada sel kanker mampu menekan mereka pada pola pertumbuhan normal.

Sebelum mengetahui kapan payudara wanita berhenti tumbuh, simak terlebih dulu faktanya. Melansir John Hopkins Medicine, Senin (19/9/2022), payudara seorang anak perempuan sebenarnya sudah mulai terbentuk saat masih berada di dalam kandungan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Kenali Penyebab Puting Payudara Terasa Gatal

Maka itu, setelah anak lahir puting susu dan tahap awal dari sistem saluran susu telah terbentuk.  Pertumbuhan payudara pada setiap anak dimulai pada usia yang berbeda-beda. Ada yang mengalami perkembangan payudara lebih cepat, normal, dan juga lebih lambat.

Bila diperkirakan, pertumbuhan tersebut terjadi ketika anak berusia 8 tahun-13 tahun. Awal pertumbuhan payudara pada anak mulai terlihat saat usianya beranjak remaja. Hal ini termasuk sebagai salah satu ciri pubertas pada anak perempuan.

Pertumbuhan payudara ditandai dengan bagian tengah payudara yang berwarna lebih gelap dibanding sekitarnya. Bagian itu disebut dengan puting susu, yaitu tempat keluarnya ASI ketika menyusui.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Mastitis, Penyakit yang Diidap Ria Ricis

Pada awalnya, puting susu akan terasa lebih lunak. Namun, seiring waktu akan mengeras dan terbentuk benjolan di bawah puting.  Selain puting, ada juga yang disebut dengan areola. Bagian tersebut mengelilingi puting dan berwarna lebih terang.

Seiring bertambah besarnya ukuran payudara, areola juga mulai melebar. Selain itu, kelenjar susu mulai terbentuk dan bermuara di puting susu.  Pada tahap ini, besarnya ukuran payudara sebelah kanan mungkin tidak sama dengan payudara sebelah kiri.

Jangan khawatir, ukuran payudara yang berbeda ini normal terjadi. Setelah satu tahun atau lebih, ukuran payudara akan sama atau hampir sama.  Selain itu, areola akan terangkat lebih naik sehingga puting menjadi lebih menonjol. Kemudian, bentuk payudara yang semakin bulat menandakan bahwa payudara sudah terbentuk sempurna.

Baca Juga: Idap Kanker Payudara, Artis Olivia Newton-John Meninggal Dunia

Tahapan ini menunjukkan bahwa proses pertumbuhan payudara pada remaja sudah berhenti.

Lalu kapan payudara wanita berhenti tumbuh? Biasanya, pertumbuhan payudara pada remaja akan berhenti saat usianya memasuki 17 tahun atau 18 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa pertumbuhan ini masih akan terus berlanjut hingga awal usia 20-an. Hal ini mungkin terjadi pada anak yang mengalami perkembangan payudara sedikit lebih lambat dibanding teman sebayanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya