Ketahui Jenis-Jenis Vegetarian yang Sehat

Ada sejumlah diet vegetarian sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.
SHARE
Ketahui Jenis-Jenis Vegetarian yang Sehat
SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan salad. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah jenis vegetarian sehat yang bisa Anda coba. Apalagi saat ini pola hidup sehat tengah menjadi tren, selain itu  manfaatnya langsung terasa untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh.

Diet vegetarian adalah metode hidup sehat yang umumnya hanya mengonsumsi buah atau sayuran sebagai makanan utama. Selain itu, pelaku diet vegetarian juga menghindari makanan yang berasal dari hewani seperti daging ayam dan semacamnya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Melansir dari Healthline dan Bisnis.com, Rabu (19/1/2022), ada beberapa jenis diet vegetarian sebagai berikut: :

1. Diet vegetarian lakto-ovo

Dalam jenis diet vegetarian lakto-ovo, Anda tidak akan mengkonsumsi daging seperti ikan dan semacamnya. Namun, anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur atau susu selama menerapkan diet ini. Sebagai informasi, awalan kata “lacto” mengacu pada produk susu dan berasal dari kata Latin lac, yang berarti susu. Hanya mamalia, seperti sapi yang dapat menghasilkan susu.

Baca Juga: 4 Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Diet Sukses

Sedangkan, kata Ovo mengacu pada telur dan berasal dari kata Latin ovum, yang berarti telur. Jika Anda mengikuti jenis diet ini, maka Anda hanya akan mengkonsumsi produk susu seperti yogurt, krim asam, es krim, telur, susu, keju, mentega dan semacamnya. Dan menghindari makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, ikan, ayam.

2. Diet lakto-vegetarian

Selanjutnya jenis diet yang bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menjalani hidup sehat adalah diet lakto – vegetarian, diet ini cukup mudah dilakukan dan tentunya sangat nikmat jika dilakukan oleh anda pecinta susu. Sebab, diet ini hanya mengkonsumsi produk olahan nabati yang mencakup produk susu seperti Makanan atau minuman yang mengandung susu sapi dan produk olahan nabati lainnya seperti mentega, krim asam, yogurt,keju dan es krim.

Baca Juga: Begini 5 Cara Hilangkan Lemak Perut Tanpa Diet Ketat

3. Diet vegetarian-ovo

Rekomendasi diet selanjutnya adalah diet vegetarian ovo, tipe diet ini berbeda dengan diet sebelumnya. Diet ini, bisa memakan telur tetapi sangat menghindari semua produk olahan susu seperti keju, yogurt, eskrim dan semacamnya. Meski begitu, jenis diet ini juga tetap menghindari makanan yang berasal dari hewani seperti daging sapi, ayam dan ikan maupun babi.

4. Diet pescatarian

Dalam bahasa Italia, kata pesce memiliki arti ikan. Dan pescatarian adalah sebuah metode diet nabati yang hanya mengkonsumsi beberapa jenis ikan di dalam dietnya. Seseorang yang menjalani diet ini, biasanya memilih jenis ikan seperti salmon, tuna, sushi yakni jenis ikan yang dinilai mengandung banyak vitamin didalamnya. Meski memakan daging ikan, tetapi jenis diet ini ternyata juga menghindari makanan yang berasal daging babi, ayam dan sapi.

Baca Juga: Vegetarian Punya Jantung Lebih Sehat dan Kadar Kolesterol Normal

5. Diet fleksibel

Diet fleksibel, diet ini cukup menyenangkan dan mudah diterapkan. Sebab, sebagai individu yang menerapkan metode diet sehat ini dapat melakukannya sesuai gaya hidup mereka. Makanan yang mereka konsumsi tidak terlalu ketat seperti beberapa jenis vegetarian sebelumnya yang harus mengatur hanya boleh memakan 1 jenis olahan saja. Diet fleksibel ini, bisa memakan keduanya, makanan dari hewani maupun nabati dengan kadar yang cukup agar mereka tetap sehat dalam menjalani diet.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago