Ketahui Berbagai Penyebab Hb Darah Turun dan Anemia
Solopos.com|lifestyle

Ketahui Berbagai Penyebab Hb Darah Turun dan Anemia

Ketika tubuh gagal mengelola darah dengan baik maka timbul berbagai penyakit berat yang menjadi penyebab Hb kita rentan turun.

Solopos.com, SOLO -- Hemoglobin atau disingkat dengan (Hb) merupakan protein dalam sel darah merah bertugas mengikat oksigen. Saat produksi hemoglobin menurun kamu perlu segera menemukan penyebab Hb turun yang pada umumnya bisa menyebabkan anemia.

Kamu tidak akan merasa sakit tapi sebaiknya memeriksakan diri karena hal ini bisa berarti macam-macam.

Inilah Penyebab Hb Turun dan Mengakibatkan Anemia

Mengetahui penyebab Hemoglobin rendah sangat penting demi memelihara kesehatan tubuh. Ada beberapa penyebab HB turun yang berkembang jadi anemia.

Ketahui penyebabnya untuk dapat menemukan solusi yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kekurangan gizi

Kandungan gizi dari makanan kita menjadi faktor penting untuk memastikan tubuh sehat. Jadi kita makan tidak hanya sekadar kenyang. Makanan tanpa nutrisi mengakibatkan kekurangan gizi yang berakibat berbagai kondisi kesehatan yang buruk seperti tingkat Hb jadi turun dan menyebabkan Anemia atau penyakit lainnya.

2. Kekurangan Zat Besi

Makanan memberikan kita tambahan nutrisi yang tubuh butuhkan, khususnya ketika sudah lansia dan lebih memerlukan zat besi dari pada anak-anak atau dewasa. Kurangnya konsumsi zat besi dapat jadi penyebab HB turun dan membuat kita lelah dan lesu.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Kandungan Ini dalam Hand Sanitizer

Konsumsi lebih banyak makanan dengan zat besi untuk mengembalikan vitalitas tubuh seperti ayam, daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

3. Diet Yang Salah

Wanita paling rentan mengalami Hb rendah, terutama kalau berkaitan dengan menjalani diet. Hampir semua makanan yang dapat menambah kadar Hb adalah pantangan bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum kamu menjalani diet. Tiap pastikan asupan nutrisi penting agar tubuh tidak mudah terserang anemia dan resiko kesehatan lainnya.

4. Kehamilan

Penyebab Hb turun pada wanita kerap terjadi saat hamil. Perubahan kondisi tubuh ibu yang menurun karena Hb rendah juga dapat berdampak pada tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, saat hamil sangat penting bagi calon ibu untuk memperhatikan asupan makanan dan pola hidup sehat.

Kalau ibu hamil menderita anemia karena Hb rendah maka bisa berakibat fatal bagi kesehatan ibu dan janin.

5. Kehilangan darah

Ada saat-saat tertentu di mana seseorang kehilangan banyak darah dan menyebabkan kadar Hb rendah. Hal seperti luka, perdarahan saat operasi, menstruasi, buang air sampai berdarah dan kondisi medis lainnya rentan membuat hemoglobin turun.

Baca Juga: Viral Bocah Disunat Teriak Kesakitan, Yakin Masih Mau Nyakitin Cowok?

Umumnya dokter akan memberikan penanganan dalam bentuk transfusi atau suplemen penambah darah untuk mengembalikan Hb yang hilang dengan cepat.

6. Kelainan darah

Penyebab Hb turun juga bisa karena kelainan darah yang bersifat genetis yang diturunkan. Penyakit leukimia, limfoma dan thalasemia adalah beberapa contoh kelainan darah dalam tubuh yang penanganannya memerlukan konsultasi dengan dokter khusus.

Orang yang mengidap kelainan darah perlu memantau kadar Hb-nya dengan rutin.

7. Penyakit kronis

Darah merupakan bagian penting dalam tubuh, ketika tubuh gagal mengelolanya maka timbul berbagai penyakit berat yang menjadi penyebab Hb kita rentan turun.

Penyakit kronis seperti malaria, gagal ginjal kronis, hipotiroidisme, dan sirosis perlu pemantauan kadar Hb setiap harinya. Kadar Hb akan menentukan pola makan dan aktivitas kita pada hari itu untuk menyesuaikan sehingga HB bisa stabil.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Suka Pamer

Ada berbagai penyebab Hb turun yang memiliki gejala atau tidak. Umumnya, kekurangan Hemoglobin dibarengi dengan anemia yang gejalanya bisa diamati.

Kalau mengalami gejala mudah lelah, pucat, mudah, sesak nafas, pusing, dan jantung berdebar, waspadalah mungkin HB kamu sedang rendah. Konsumsi Sangobion sebagai suplemen penambah darah untuk menaikan Hb yang turun.

Temukan berbagai produk Sangobion di Shopee sebagai tempat berbelanja online yang terpercaya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago