SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak sekolah berlari keluar gedung saat simulasi gempa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Belajar dari gempa di Kabupaten Cianjur, membuat kita harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam tersebut. Ya, penting bagi kita untuk mengetahui berbagai langkah antisipatif agar terhindar dari dampak gempa bumi.

Korban meninggal dunia akibat gempa bumi bermagnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terus bertambah.  Data per Selasa (22/11/2022) pukul 17.00 WIB, sudah 268 warga yang meninggal dunia. Sebanyak 151 orang masih hilang, korban luka sebanyak 1.083 orang, dan 58.362 warga mengungsi dari rumah mereka ke tempat aman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data meninggalnya 268 orang itu diunggah di akun media sosial Instagram milik Pemkab Cianjur, @diskominfocianjur. Selain itu, sebanyak 12.641 rumah dalam kondisi rusak berat, 6.570 rumah rusak ringan serta 2.071 sarana pendidikan rusak.

Baca Juga: Siswa SDN Sugihan 3 Semarang Gelar Doa Bersama untuk Korban Gempa Cianjur

Agar tidak menjadi korban, berikut ini apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi seperti dikutip dari pusatkrisis.kemkes.go.id pada Selasa (22/11/2022):

1. Melindungi kepala dengan menggunakan bantal atau helm, atau berdirilah di bawah pintu.

2. Berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang dimungkinkan akan jatuh seperti atap atau benda berbahaya lainnya.

Baca Juga: Lesti Kejora Sedih Keluarganya di Cianjur Jadi Korban Gempa

3. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng atau material lain. Tetap lindungi kepala anda dan segera menuju ke lapangan terbuka.

4. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.

5. Kenali bagian bangunan gedung atau rumah yang memiliki struktur kuat, seperti pada sudut bangunan untuk berlindung.

6. Ikuti instruksi evakuasi dari pengelola, penjaga, atau petugas yang berwenang.

Baca Juga: Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah jadi 268 Jiwa, 151 Orang Hilang

7. Pilihlah menggunakan tangga darurat untuk melakukan evakuasi keluar bangunan. Apabila sedang berada di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk melakukan panggilan kepada pengelola gedung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya