Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan

Postur tubuh yang buruk tak hanya memengaruhi penampilan, namun juga berpotensi memicu masalah kesehatan, lho.
SHARE
Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri punggung. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tanpa sadar kebiasaan sehari-hari dapat memengaruhi postur tubuh Anda sehingga menjadi buruk. Di masa kecil kita mungkin sering mendengar nasihat orang tua untuk mejaga tubuh tetap tegak, ternyata itu ada benarnya.

Padahal postur tubuh yang buruk tak hanya memengaruhi penampilan, namun juga berpotensi memicu masalah kesehatan, lho. Coba bayangkan jika Anda pergi ke gym dan melakukan latihan otot kaki 5 kali sehari, tentunya kaki Anda akan terasa nyeri dan tegang. Hal yang sama juga berlaku dengan terlalu lama mempraktikkan postur tubuh yang salah.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Memangnya, apa saja kebiasaan buruk yang bisa memengaruhi postur tubuh dan sebaiknya dihindari? Berikut ini penjelassannya seperti dilansir dari hellosehat.com pada Rabu (14/11/2021):

1. Berdiri membungkuk

Berdiri membungkuk merupakan salah satu contoh postur buruk. Sebagian orang memiliki kebiasaan berjalan atau berdiri dengan sedikit membungkuk. Kebiasaan ini tentunya tidak terjadi tanpa sebab. Ada yang tidak sadar karena terlalu sering melihat gawai elektronik saat berdiri atau berjalan.

Baca Juga: 8 Drama Korea yang Dibintangi Park Shin Hye, Ada The Heirs

Berjalan dengan postur tubuh membungkuk berpotensi buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Tak hanya membuat penampilan tampak tidak percaya diri, berdiri membungkuk juga berisiko menyebabkan sakit punggung dan pinggang dalam jangka panjang.

2. Duduk membungkuk

Selain berdiri, kebiasaan duduk membungkuk juga berpotensi meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Seseorang cenderung duduk membungkuk karena posisi kursi dan bangku yang kurang sesuai, atau posisi objek yang dilihat terlalu rendah. Harvard Health Publishing menyebutkan berbagai masalah pencernaan akibat postur tubuh yang buruk saat duduk, salah satunya pada orang yang punya penyakit GERD.

Orang dengan kondisi tersebut, bisa berulang kali mengalami gejala heartburn jika postur duduknya membungkuk terutama setelah makan. Ini karena duduk yang salah bisa memberikan tekanan pada perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Lisa Blackpink Trending di Twitter, Warganet Doakan Massal

Tidak hanya itu saja, postur tubuh yang buruk saat duduk di atas toilet juga bisa memicu sembelit. Ketika Anda membungkuk dengan posisi lutut lebih rendah dari panggul saat duduk di atas toilet, anus cenderung menutup sehingga perut perlu memberikan tekanan ekstra agar feses dapat keluar.

Tekanan berlebihan pada perut akibat postur tubuh yang buruk, tidak hanya menyebabkan masalah pencernaan saja. Tekanan ini juga dirasakan oleh kandung kemih dan menurunkan kemampuan otot-otot dasar panggul untuk menahan tekanan sehingga inkontinensia urin bisa saja terjadi, terutama saat Anda batuk atau tertawa.

3. Sering bersandar

Duduk bersandar memang terasa nyaman dan membuat Anda lebih rileks. Namun, postur tubuh yang paling nyaman sekalipun berpotensi membawa akibat buruk pada kesehatan Anda dalam jangka panjang. Posisi bersandar, terlebih pada permukaan yang terlalu landai, bisa memaksa otot tubuh Anda untuk menegang. Akibatnya, punggung akan terasa lebih sering nyeri, apalagi jika Anda melakukannya secara berulang dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Adik Vanessa Angel Luncurkan Lagu Baru, Warganet Malah Puji Adik Bibi

Selain itu, bersandar terlalu miring juga berpotensi menambah tekanan pada 3 bagian tulang punggung Anda, khususnya pada bagian leher dan punggung bawah. Hal ini tentu dapat berakibat buruk pada kesehatan tulang punggung Anda.

4. Duduk terlalu lama

Postur tubuh selanjutnya yang dinilai dapat berakibat buruk pada kesehatan adalah kebiasaan duduk dalam waktu terlalu lama. Keluhan nyeri punggung atau nyeri leher sangat umum terjadi. Apalagi pada orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam, mengangkat atau memikul barang berkali-kali.

Ternyata munculnya penyakit tersebut merupakan akibat dari postur tubuh yang kurang tepat saat duduk, mengambil, atau mengangkat benda. Postur tubuh yang tidak sesuai ini menimbulkan stres dan tekanan berlebihan pada otot-otot tubuh, sehingga nantinya Anda akan mengalami nyeri terutama pada punggung maupun leher.

Baca Juga:  Lakukan Ini Setelah Dinyatakan Positif Covid-19 Seperti Lisa Blackpink

Menurut laman Mayo Clinic, kebiasaan duduk terlalu lama bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan kadar lemak pada pinggang, serta peningkatan kolesterol. Kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung dan kanker.

5. Terlalu condong ke depan

Tahukah Anda jika salah satu faktor risiko dari kelainan tulang belakang adalah memiliki postur tubuh yang buruk? Itu artinya, penyakit ini bisa saja Anda alami di kemudian hari akibat postur tubuh yang kurang sesuai.

Ini karena postur tubuh tersebut mengarahkan tulang Anda ke arah yang tidak seharusnya, sehingga bisa membuat tulang terlalu condong ke depan atau membentuk huruf S. Kondisi ini Anda kenal dengan sebutan kifosis dan skoliosis.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago