SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memamerkan penghargaan yang dirah dari kesetaraan gender di Jateng. (Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dinobatkan sebagai provinsi dengan kesetaraan gender terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) kepada Provinsi Jateng.

Penghargaan ini bukan kali pertama diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Ini merupakan penghargaan kali keempat secara beruntun yang diterima Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam pembangunan sektor perempuan dan anak, khususnya melalui strategi pengarusutamaan gender.

Baca juga: Kesetaraan Gender di Kota Semarang Terbaik di Indonesia

Jateng menjadi yang terbaik karena mendapatkan penghargaan kategori Mentor, penghargaan tertinggi dalam kategori Anugerah Parahita Ekapraya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengucapkan selamat pada semua pihak yang telah bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender di Jateng. Ia menegaskan, pengarusutamaan gender memang menjadi fokus utama dalam pemerintahanya.

“Karena selain kodrat, tidak ada satu hal pun yang pantas untuk diperbedakan. Gender bukan penghalang meraih kesuksesan,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, semua yang berdiri tegap di bawah Merah Putih, punya hak yang sama. Tidak peduli apakah ia laki-laki maupun perempuan.

Baca juga: Waduh, Indeks Literasi Jateng Masuk 10 Besar Terendah di Indonesia

“Jadilah manusia sebaik-baiknya dan jalani kehidupan ini sehormat-hormatnya. Kami yang berada di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meyakini dan menjalankan prinsip itu dengan seksama, agar bisa memberikan pengabdian yang optimal,” ucapnya.

Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 diberikan secara langsung oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Penghargaan ini diberikan pada 13 kementerian/lembaga, 29 pemerintah provinsi dan 266 kabupaten/kota.

Jateng memborong banyak penghargaan dalam ajang ini. Selain Jateng, ada Kabupaten Rembang yang juga meraih penghargaan untuk kategori Mentor. Sementara 12 kabupaten/kota di Jateng juga meraih penghargaan kategori Utama. Sedangkan 8 kabupaten/kota meraih penghargaan kategori Pratama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya