SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Sejumlah penyakit yang tersebut antara lain Demam Berdarah Dengue (DBD), Infeksi saluran pernafasan (Ispa), diare.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul mengimbau kepada warga Gunungkidul untuk mewaspadai munculnya penyakit di awal musim penghujan. Sejumlah penyakit yang tersebut antara lain Demam Berdarah Dengue (DBD), Infeksi saluran pernafasan (Ispa), diare.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Gunungkidul, Suharyanta pada Jumat (8/1/2016) mengungkapkan pada awal musim penghujan, sejumlah penyakit musiman mulai menyerang warga.

Apabila tidak ditekan sejak saat ini, maka jumlah penyebaran penyakit akan semakin meninggi ketika curah hujan mulai tinggi. Maka, untuk mencegah penyebaran penyakit yang lebih banyak, mereka diminta untuk melaksanakan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sejak awal. Di samping itu, Dinkes juga mengupayakan sejumlah langkah. Misalnya Pemberantasan Sarang Nyamuk dan pengasapan, di wilayah-wilayah endemis.

“Wilayah yang menjadi endemis DBD di antaranya Kecamatan Wonosari, Playen, Karangmojo, Saptosari, Tepus, Nglipar,” ujarnya.

Sedangkan dijumpai di kesempatan berbeda, Sekretaris Dinkes Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawati menyebutkan langkah upaya Dinkes untuk menekan jumlah penyebaran penyakit diawali juga dengan sosialisasi kepada warga.

Mengenai penyebab dan pencegahan penyakit musim penghujan. Ia berharap, dengan upaya antisipasi yang sudah dilakukan ini, penularan penyakit di Gunungkidul bisa ditekan seminimal mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya