SOLOPOS.COM - ilustrasi

DKK Solo meluncurkan unit gawat darurat 119.

Solopos.com, SOLO — Unit gawat darurat melalui call centre 119 resmi diluncurkan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo. Unit khusus untuk menangani kondisi kegawatdaruratan ditangani langsung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kegawatdaruratan DKK.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun hingga kini kantor UPT Kegawatdaruratan masih mendompleng di Puskemas Gajahan. Sekretaris DKK Solo Purwanti menjelaskan UPT Kegawatdaruratan bertugas memberikan penanganan kasus gawat darurat sebelum dilarikan ke rumah sakit.

“Kondisi gawat darurat ini seperti kasus kecelakaan lalu lintas, serangan stroke atau misal serangan jantung. Jadi tim gawat darurat akan melakukan penanganan pertama sebelum ke rumah sakit,” katanya ketika dijumpai wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (11/1/2017).

Ia menerangkan selama ini tidak sedikit masyarakat yang kerap salah penanganan dalam tindakan pertama bagi pasien baik terkena serangan jantung, stroke maupun kecelakaan lalu lintas. Padahal kesalahan penanganan ini bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian bagi pasien sebelum dibawa ke rumah sakit.

Dengan unit gawat darurat ini diharapkan mampu memberikan penanganan pertama bagi para korban. Tugas UPT tersebut juga bisa merekomendasikan rumah sakit terdekat dan kamar yang masih kosong. Sementara ini pusat layanan 119 dioperasikan di Puskesmas Gajahan. Namun ke depan akan dibuat kantor tersendiri.

“Kami menyiapkan satu unit mobil ambulance. Tapi ini masih kurang, nanti akan ditambah di Perubahan atau tahun depan,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya