SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kesehatan Karanganyar, sedikit 131 keluarga di Colomadu belum punya jamban.

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan warga Colomadu, Karanganyar hingga kini belum mempunyai jamban keluarga. Mereka memanfaatkan sungai untuk buang air besar (BAB).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Di wilayah kerja Puskesmas Colomadu I saja masih ada 131 rumah yang belum mempunyai jamban. Ini tentu memprihatinkan,” ujar petugas Pelaksana Kesehatan Lingkungan Puskesmas Colomadu I, Taufik Hidayat, ketika ditemui wartawan di Bolon, pekan lalu.

Menurut dia, wilayah kerja Puskesmas Colomadu I meliputi Desa Ngasem, Bolon, Malangjiwan, Paulan, Gawanan, dan Gajahan. Dari enam desa itu tiga di antaranya yaitu Ngasem, Bolon, dan Malangjiwan masih banyak warganya yang belum memiliki jamban keluarga.

Berdasar catatannya, Ngasem terdapat 55 rumah yang belum mempunyai jamban, disusul Malangjiwan 54 rumah, dan Bolon 22 rumah.

Dalam waktu dekat, Ngasem akan mendapat bantuan atau subsidi dari pemerintah sebanyak 49 unit jamban, ditambah satu unit dari kepala desa setempat.

Taufik menjelaskan masih adanya warga, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Colomadu I, yang belum mempunyai jamban dikhawatirkan akan menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit di masyarakat.

Terpisah, Camat Colomadu, Yophy Eko Jatiwibowo, mengatakan banyaknya warga yang belum punya jamban akibat kurangnya koordinasi antara perangkat desa, kader kesehatan, dan warga.

“Saat ini konstruksi jamban di beberapa rumah warga masih banyak yang langsung dibuang di sungai. Seharusnya kotoran dibuang ke septic tank sehingga tidak mencemari sungai,” ujar dia ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (30/10/2016).

Ia berharap warga bahu membahu agar Colomadu segera bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS). Dia berpendapat pada dasarnya jika sosialisasi dilakukan intensif, warga akan paham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya