SOLOPOS.COM - Peresmian gedung baru Puskesmas Colomadu II di Gedongan, Colomadu, Karanganyar, Senin (12/3/2018). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Puskesmas Colomadu II Karanganyar menempati gedung baru mulai Senin (12/3/2018).

Solopos.com, KARANGANYAR — Puskesmas Colomadu II Karanganyar mulai Senin (12/3/2018) menempati gedung baru di Gedongan, Colomadu, Karanganyar, meski gedung itu belum 100 persen jadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepindahan yang lebih cepat dari jadwal itu dilakukan untuk mengejar akreditasi puskesmas rawat jalan. “April mendatang akan ada akreditasi puskesmas rawat jalan. Baru nanti setelah itu kami akan menata untuk rawat inap,” ujar Kepala Puskesmas Colomadu II, Ririn Nurliyani, ketika ditemui wartawan di sela-sela acara boyongan di gedung baru, Senin.

Menurut dia, boyongan puskesmas dilakukan dari Balai Desa Tohudan ke lokasi baru di Gedongan, Colomadu, mendesak karena untuk persiapan akreditasi. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah mempunyai gedung sendiri.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Camat Colomadu, Yophy Eko Jatiwibowo, menyatakan rasa terima kasih kepada bupati dan wakil bupati Karanganyar. Harapan masyarakat untuk mempunyai puskesmas yang lebih luas dibanding puskesmas sebelumnya akhirnya terwujud.

Dia berharap warga yang sakit terlayani di Puskesmas Colomadu II di Gedongan dan tak perlu keluar daerah. Dia mengakui gedung yang ditempati belum sempurna karena masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

Harapannya pada tahun anggaran berikutnya bisa dianggarkan hingga bangunan bisa disempurnakan dan bisa digunakan untuk pelayanan yang lebih representatif dan nyaman. Puskesmas Colomadu II terpaksa menempati bangunan yang belum 100 persen jadi karena bangunan lama dinilai sudah tidak layak lagi.

“Selain bangunan Puskesmas Colomadu II kurang luas, jika turun hujan lebat sering kali kebanjiran,” kata dia.

Padahal, ujar Yophy, puskesmas butuh tempat mendesak untuk melayani warga yang sakit. Karena itu dia menyarankan Puskesmas Colomadu II segera menempati bangunan gedung puskesmas baru seluas sekitar 3.000 meter persegi yang belum jadi 100 persen.

“Mulai hari ini [Senin] pelayanan Puskesmas Colomadu II sudah dibuka di gedung baru ini. Meski dengan pelayanan yang seadanya dulu tapi harapan kami pelayanan tetap bisa optimal.”

Gedung Puskesmas Colomadu II yang lama di Baturan akan dikonsultasikan dengan Pemkab Karanganyar lebih dahulu akan digunakan untuk apa. Jika nanti tak digunakan Pemkab Karanganyar rencananya dikembalikan ke Pemerintah Desa Baturan.

Suasana boyongan Puskesmas Colomadu II dari Balai Desa Tohudan ke gedung baru di Gedongan yang berjarak kira-kira 1 kilometer didahului upacara kecil di Balai Desa Tohudan. Setelah itu sekitar 20 orang rombongan yang melibatkan UPT Pendidikan dan jajarannya beserta sejumlah kepala desa menuju lokasi baru.

Di lokasi baru kepindahan ditandai dengan pengguntingan pita pada pintu masuk utama oleh mantan kepala Puskesmas Colomadu II, Yofita Bakti S.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya