SOLOPOS.COM - ilustrasi (healthypalm.com)

ilustrasi (healthypalm.com)

Dalam kondisi tertentu, nafsu makan akan hilang. Selain faktor kesehatan pencernaan, nasfu makan juga akan hilang karena kondisi psikis yang tidak sehat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Makanan diketahui bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas. Namun dalam beberapa kondisi, nafsu makan seseorang bisa berkurang yang bahkan sama sekali tidak tergiur makan.

“Kondisi pencernaan yang tidak sehat menjadi faktor kuat, seperti kembung, banyak gas, diare, dan juga sembelit,” jelas dokter penyakit dalam, Probosuseno kepada Harian Jogja, Senin (20/8).

Pencernaan yang tidak sehat itu membuat tubuh tidak semangat dan lemas sehingga malas untuk makan. Pencernaan memang menjadi faktor pendukung penting berkaitan dengan proses pengolahan makanan menjadi energi tubuh. Tetapi, pencernaan juga menjadi bagian tubuh yang terkena imbas ketika jenis makanan atau penyakit perut menyerang.

Nafsu makan yang hilang, kata Probosuseno juga bisa terjadi ketika seseorang sempat melakukan penurunan jumlah asupan. “Beberapa orang sengaja mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan. Dari situ banyak yang keterusan hingga dia tidak memiliki nafsu untuk makan,” lanjutnya.

Di samping faktor kesehatan tubuh, gangguan kejiwaan seperti stres karena masalah tertentu bisa juga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Ketidakstabilan kejiwaan atau stres sering berhubungan dengan makan berlebih. Tetapi fakta membuktikan banyak orang tidak nafsu makan karena sedang stres.

Keterangan itu bisa diketahui karena stres akan menurunkan keinginan dan minat orang terhadap makanan. Gangguan mood dan depresi juga terkait dengan nafsu makan rendah.

Dalam merawat Stella, 3 tahun, Maria Silvy mengaku sempat kesulitan memberi makanan kepada putrinya. Saat itu disampaikan Stella susah makan karena sariawan dan demam tinggi. “Anak kecil mungkin stres juga karena badan enggak enak dan demam, jadinya susah makan,” kata Maria.

Ternyata, dalam sebuah penilitian menunjukkan, lidah akan kehilangan rasa bila kondisi tubuh sedang demam. Karena itulah seseorang akan kehilangan minatnya pada makanan. Demikian halnya dengan beberapa jenis-obatan yang mengandung bahan untuk menekan nafsu makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya