Kesal Tak Dibawa Berobat ke RSJ, ODGJ Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ asal Sragen nekat bakar rumah sendiri lantaran kesal tak dibawa berobat ke rumah sakit jiwa
Kesal Tak Dibawa Berobat ke RSJ, ODGJ Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Solopos.com, SRAGEN — Iyan, 30, orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ asal Kampung Sarigunan, RT 034/RW 011, Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Rabu (4/8/2021). Ia kesal karena tak segera dibawa berobat ke RSJD Solo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, awalnya Iyan tampak kebingungan di rumah sekitar pukul 11.30 WIB. Kepada ibunya, Tutik, Iyan meminta dibawa berobat ke RSJD Solo.

Baca Juga: Dicari Suaminya, Perempuan Asal Plupuh Sragen Ternyata Sudah Mengapung di Bengawan Solo

Namun, ibunya menolak permintaan itu dengan alasan kontrol ke RSJD Solo sudah dijadwalkan pada Jumat (6/8/2021). Merasa tidak dipedulikan orang tuanya, Iyan berontak.

Kesal permintaannya tidak dituruti, ODGJ asal Sragen itu mengambil korek api dan bakar dipan dan kasur di rumah. Api itu membakar tempat tidur dan menjalar ke dinding.

Baca Juga: Wong Sragen Wajib Tahu, Pertempuran Melawan Agresi Militer Belanda I dan II Pecah di 6 Lokasi Ini

Warga sekitar yang mengetahui kebakaran itu berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mereka juga meminta tolong petugas dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol dan Damkar).

Sepuluh menit kemudian, pertolongan yang diharapkan datang. Berkat kesigapan petugas damkar, kobaran api bisa dipadamkan.

Baca Juga: Duh! Balai Desa Doyong Sragen Dibobol Maling, Seperangkat Komputer Raib

“Setelah berkoordinasi dengan Puskesmas Kota Sragen, Iyan akhirnya dirujuk ke RSJD Solo untuk penanganan lebih lanjut,” jelas Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Suwarso, kepada Solopos.com.

Akibat kebakaran itu, Tutik mengalami kerugian sekitar Rp1 juta. Menurut pengakuan keluarga, Iyan memang sudah kerap keluar masuk RSJD saat gangguan kejiwaanya kambuh.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago