[ X ] CLOSE

Kesal Lihat Bansos Dikorupsi? Laporkan Saja ke Sini!

Pemerintah meminta masyarakat untuk ikut aktif mengawasi penyaluran bansos. Tersedia kanal-kanal yang bisa diakses masyarakat untuk melaporkan dugaan penyimpangan penyaluran bansos.
Kesal Lihat Bansos Dikorupsi? Laporkan Saja ke Sini!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sembako. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menyalurkan beragam macam bantuan sosial sebagai kompensasi diberlakukannya PPKM Level 4. Mulai dari bantuan subsidi upah, bantuan langsung tunai, hingga program keluarga harapan.

Memang, tak sepenuhnya bantuan itu disalurkan secara tepat dan utuh. Masih ada saja oknum yang mencoba untuk mengambil keuntungan di tengah penderitaan rakyat. Oleh karena itu, pemerintah meminta masyarakat untuk ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial tersebut. Pemerintah juga akan memperkuat mekanisme penyaluran bansos agar semakin tepat sasaran.

“Untuk mengawal dan memastikan penyaluran bansos tepat sasaran, pemerintah menerapkan prinsip kehati-hatian, transparansi, dan anti korupsi. Sinkronisasi data dan peningkatan akurasi, misalnya dengan meningkatkan kualitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara berkala,” Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Risma Tegaskan akan Cek Jumlah Bansos Utuh sampai ke Penerima

Untuk meminimalisir risiko penyimpangan bansos, pemerintah juga akan melakukan berbagai inovasi. Salah satunya dengan menyalurkan bansos langsung ke rekening keluarga penerima manfaat (KPM) melalui Bank Himbara.

Partisipasi Masyarakat

Meski demikian, ia meminta agar masyarakat aktif mengawasi mekanisme penyaluran bansos di lapangan. Ia mengatakan masyarakat dapat melaporkan kepada aparat jika menemukan kecurangan dalam penyaluran bansos.

“Kendati pemerintah terus menggalang upaya meminimalisasi penyimpangan, kita tetap memerlukan partisipasi aktif masyarakat untuk bantu mengawasi distribusinya di lapangan. Apabila menemukan indikasi kecurangan, masyarakat dapat melapor kepada aparat penegak hukum seperti polisi setempat, atau melalui website dan email Kementerian Sosial,” tambahnya.

Baca Juga: BNI Kantor Cabang Surakarta Percepat Penyaluran Bansos di Sragen dan Karanganyar

Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding, mengatakan pihaknya juga akan memfasilitasi masyarakat dalam mengawasi kecurangan penyaluran bansos. Masyarakat bisa melaporkan tindak korupsi atau penyimpangan bansos melaui aplikasi JAGA.ID. Informasi seputar bansos juga tersedia di aplikasi tersebut.

“KPK akan meneruskan keluhan yang diterima melalui platform tersebut kepada kementerian atau Pemda terkait dan mengawal tindak lanjut penanganan keluhan yang disampaikan masyarakat,” tandasnya.

Aduan terkait bansos, pengecekan penerima bansos, serta informasi terkait bansos juga dapat disampaikan melalui cekbansos.kemensos.go.id. Atau Anda bisa mengirimnya ke surel dengan alamat bansoscovid19@kemsos.go.id dan alamatbansoscovid19@kemsos.go.id.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago