SOLOPOS.COM - Korban dipulangkan ke rumah cucunya usai diperiksa di RSUD Caruban Jumat (15/7/2022). (Solopos.com/Ronaa Nisa’us Sholikhah)

Solopos.com, MADIUN — Nenek Binah, 80, meninggal setelah mengalami penganiayaan dari cucunya, Totok Purnomo, 30, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Jumat (15/7/2022).

Totok, tega memukul kepala nenek Binah menggunakan cangkul sehingga meninggal di lokasi kejadian. Peristiwa tersebut terjadi di teras rumah pelaku.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolsek Wonoasri, Iptu Agustinus Dwi Tjahjono, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (15/7/2022) sekitar pukul 02.00 WIB. Korban mengalami luka di kepala dan meninggal dunia di tempat.

“Menurut keterangan dari puskesmas, pelaku diduga [orang dengan gangguan jiwa] ODGJ,” kata Agustinus saat ditemui di Mapolsek Wonoasri.

Pihaknya mengatakan penyebab kematian korban karena pukulan benda tumpul di bagian kepala. Pelaku menggunakan cangkul dan linggis untuk membunuh neneknya.

Baca Juga : Ngaku Dilecehkan dan Dianiaya, Pemandu Lagu di Madiun Lapor Polisi

Agustinus mengatakan kejadian bermula saat nenek Binah yang tercatat warga Desa Plumpungrejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun mengunjungi rumah Totok di Sidomulyo, Wonoasri, Madiun.

Nenek Binah mengunjungi cucunya karena mendengar kabar bahwa Totok sedang sakit. “Kejadian itu diduga bermula saat [korban] sedang menasehati pelaku agar tidak melakukan perbuatan yang bisa mengganggu atau merugikan orang lain,” ungkap dia.

Agustinus mengatakan bahwa sang nenek tidak sendirian pada saat kejadian. Warga sekitar dan keluarganya berupaya membantu sang nenek. Warga sempat berupaya mengambil cangkul yang dipegang pelaku.

“Waktu kejadian banyak saksi, baik dari tetangga maupun keluarga korban,” tutur dia.

Informasi yang telah dihimpunnya dari masyarakat sekitar, pelaku pernah mendapatkan perawatan di rumah sakit jiwa. Selain itu, pelaku juga pernah bekerja. Warga menduga penyakit Totok kambuh pada saat kejadian.

Baca Juga : Niat Selamatkan Cewek, Remaja Madiun Ini Malah Dianiaya

Saat ini, pelaku sudah ditangkap dan dibawa ke Polres Madiun untuk penanganan lebih lanjut. Korban juga langsung dibawa ke RSUD Caruban. “Setelah olah TKP, korban mengalami luka pada bagian kepala dan meninggal dunia di [tempat kejadian perkara] TKP.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya