SOLOPOS.COM - Tangkapan layar-Gubernur Jawa Barat mengenang putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang diyakini telah meninggal dunia akibat hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss. (Youtube Humas Jabar)

Solopos.com, BANDUNGRidwan Kamil menilai Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang diyakini telah meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss, tampak telah siap berpulang dengan segudang amalan kebaikan yang sudah dilakukannya.

Kebaikan itu mulai dari kerap membagikan nasi bungkus kepada orang-orang di jalanan, memuliakan anak yatim, menyedekahkan uangnya kepada panti asuhan dan duafa. Bahkan, Ridwan Kamil bersaksi almarhum Eril belakangan diketahui kerap memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para satpam menggunakan uang pribadinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ananda Emmeril Kahn Mumtadz, mungkin umur biologisnya hanya 23 tahun, namun dengan luasnya amal kebaikannya, Insya Allah sungguh ia pergi dalam panjang umur,” ucap Ridwan Kamil dalam video pengajian keluarga yang diunggah oleh Humas Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Eril Belum Ditemukan, Dubes RI dan Adik Ridwan Kamil Temui Polisi Bern

Ridwan Kamil juga memberikan kesaksian atas perjalanan hidup sang putra sulung Eril yang selalu berbuat kebajikan di dunia. Meski baru berusia 23 tahun, Ridwan Kamil mengatakan Eril tidak pernah berhenti berbuat baik dan menolong sesama semasa hidupnya.

“Izinkan saya selaku ayahanda Eril, untuk memberi kesaksian atas kiprah dan semangat hidupnya selama ini. Saya tahu betul, Eril jika masih ada, pasti tidak terlalu senang jika amalan tahu kebaikannya diceritakan,” terangnya.

Suami Atalia Praratya tersebut mengatakan kisah Eril, anak lelaki kesayangan, hakekatnya adalah cerita tentang seluruh manusia. Hakekat bahwa semua dari semua makhluk hidup pasti akan berpulang ke pangkuan Allah SWT.

Baca Juga: Momen Ridwan Kamil Ajak Adik Eril saat Ngantor Lagi di Gedung Sate

“Semua orang akan berpulang. Dengan waktu, tempat dan cara yang kita tidak akan pernah selalu tahu,” katanya.

Ridwan Kamil kembali mengucap telah mengikhlaskan kepergian Eril. Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan orang tua yang ditinggalkan oleh anak tidak ada istilahnya dalam kamus mana pun.

“Memang sangat sedih dan sangat pedih, jika orang tua ditinggalkan anaknya terlebih dahulu,” ujar Kang Emil, panggilan Ridwan Kamil.

Baca Juga: Tegar, Ridwan Kamil Ungkap Detik-Detik Eril Hanyut di Sungai Aare

Dia mengatakan seorang istri ditinggal suami ada istilahnya, yaitu janda. Jika suami ditinggal istri pun ada istilahnya, yaitu duda.

Ridwan Kamil melanjutkan jika seorang anak ditinggalkan oleh ayahnya maka ada istilahnya, yaitu yatim. Sementara itu, jika anak ditinggalkan ibunya, maka istilahnya piatu.

“Tapi, kalau orang tua ditinggal anaknya tidak ada istilahnya. Tidak ada dalam kamus manapun, menunjukkan betapa level kehilangan yang tertinggi, mungkin. Itu hikmah yang sedang kami hadapi,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya