SOLOPOS.COM - UKM Musik Institut Seni Indonesia Solo, Humardani menyanyikan lagu keroncong di Teras Monumen Pers, Solo, Sabtu (2/7/2022). (Istimewa/Monumen Pers)

Solopos.com, SOLO–Monumen Pers Nasional menggelar siaran langsung musik keroncong di Teras Monumen Pers selama dua hari, Sabtu (2/7/2022) dan Minggu (3/7/2022).

Pengisi acara pada Sabtu oleh Humardani dari UKM Musik ISI Solo dan Minggu diisi oleh Mutiara Putih dari Kelurahan Sondakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pranata Humas Monumen Pers Nasional, Lazuardi Pratama, mengatakan konsep dari live music keroncong ini adalah panggung masyarakat.

Setiap orang yang melewatinya bisa langsung datang dan bergabung di teras Monumen Pers. Penonton tidak dipungut biaya alias gratis untuk menikmati musik keroncong malam itu.

“Jadi konsepnya seperti panggung masyarakat, ada orang main musik, orang lewat mampir, beli makanan di wedangan dan nonton keroncong,” ucap dia saat dihubungi Solopos.com melalui telepon, Minggu (3/7/2022).

Ardi mengatakan pihaknya juga mengajak sekitar lima angkringan yang jualan di sekitar Stasiun Balapan. Saat diajak, mereka mau untuk bergabung di acara siaran langsung musik keroncong di Teras Monumen Pers malam itu.

“Ya jadi mereka kami ajak untuk jualan di sini [teras Monumen Pers] dan lumayan mereka jadi tambah laris, jadi mereka bisa sekalian makan sambil nonton keroncong,” ungkapnya.

Sekitar 100-an orang hadir meramaikan acara keroncong selama dua hari itu. Mayoritas penonton hari Sabtu, menurut Ardi berasal dari Mahasiswa, dan hari Minggu mayoritas berasal dari kalangan paruh baya.

“Sekitar 100 an ya, kalau yang Sabtu kemarin yang ngisi dari Humardani ISI Solo, jadi yang dateng kebanyakan mahasiswa. Hari ini [Minggu] sebenarnya juga ada tapi yang hari ini malah kebanyakan orangtuanya, karena yang ngisi kan dari senior,” ucapnya kepada Solopos.com.

Pengisi acara membawakan lagu-lagu lawas dengan alunan musik keroncong. Mereka membawakan lagu seperti Bengawan Solo, Kota Solo,  Mawar Biru.

Ardi mengatakan, hari ini merupaka  kali ketiga Keroncong Monpers digelar. Sebelumnya Sabtu (18/6/2022) juga digelar Keroncong Monpers.

“Jadi sebenarnya ini acaranya kali ketiga ya, yang pertama itu hari Sabtu [18/6/2022], kemarin dan hari ini. Dengan nama panggungnya Keroncong Monpers,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya