SOLOPOS.COM - Jokowi-Obama (Reuters/Jonathan Ernst)

Kerja sama teknologi Indonesia-Amerika Serikat akan dilakukan dengan mengembangkan ekonomi digital.

Solopos.com, WASHINGTON — Meski batal ke Silicon Valley, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap membahas rencana kerja sama teknologi ekonomi digital saat bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (27/10/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana dilansir Liputan6.com, Selasa, perlu diketahui, ekonomi digital telah menjadi salah satu prioritas utama pegembangan ekonomi Indonesia ke depan.

Lebih lanjut, dalam pertemuan itu, Jokowi menjelaskan ekonomi digital kini menjadi prioritas karena Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi terbesar di bidang tersebut.

Jokowi mengajak Obama untuk sama-sama mengembangkan ekonomi digital. “Saya tadi mengajak Amerika untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam hal ekonomi digital,” kata Jokowi, seperti dikutip dari Humas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Senada dengan Jokowi, Obama menilai kerja sama teknologi ekonomi digital merupakan peluang baik bagi Indonesia. “Perkembangan ekonomi digital merupakan peluang yang baik sekali di Indonesia,” tutur Obama.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jokowi dan Obama sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi digital.

Sebelumnya, Jokowi memutuskan mempercepat kunjungan di AS agar bisa memonitor langsung penanganan kabut asap di Tanah Air. Namun pembahasan soal isu digital, termasuk kunjungan ke kawasan teknologi Silicon Valley, San Francisco, masih tetap berjalan karena akan digantikan oleh sejumlah menteri terkait.

Sejumlah petinggi perusahaan teknologi yang djadwalkan bertemu dengan perwakilan Indonesia antara lain Google dan Apple. “Yang berubah dari lawatan ini hanya Presiden yang mempercepat kepulangannya, sedangkan jadwal tidak akan berubah. Sebagai gantinya kementerian terkait yang akan menggantikan termasuk Menkominfo,” ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu.

Menurut laporan laman Sekretariat Kabinet (Sektkab), saat berkunjung ke Gedung Putih, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang PMK, Puan Maharani, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, Menteri ESDM, Sudirman Said, Kepala Staf Kepresidenanm Teten Masduki, Duta Besar LBPP RIm untuk AS Budi Bowoleksono, dan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negerim Dian Triansyah Djani.

Dikutip dari Detik, sebelum pulang ke Indonesia, Jokowi juga telah menugaskan Menkominfo Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf untuk menemui para bos besar teknologi di Silicon Valley.

Dalam kunjungannya ke Silicon Valley, selain dihadiri oleh keempat petinggi negara tersebut, ikut hadir juga para bos startup teknologi ternama asal Indonesia seperti Nadiem Makarim, Ferry Unardi, William Tanuwijaya, Andrew Darwis, dan Emirsyah Satar. Selain itu, ada juga pegiat inkubator dan investor seperti Yansen Kamto dan Donald Wihardja.

Presiden Jokowi semula dijadwalkan berkunjung ke inkubator Plug and Play dan bertemu dengan para fund manager dan sejumlah venture capital besar seperti Sequoia Capital, Accel, Kliener, Perkins Caufield Briers, Tiger Global, Andreessen Horowitz dan Coatue Management.

Selain itu, ada juga agenda bertemu dengan para diaspora Indonesia dan komunitas Silicon Valley untuk meresmikan Palapa Ventures Capital untuk mendapatkan investasi bagi para star-tup teknologi.

Rudiantara dan para menteri lainnya juga akan mewakili presiden dalam pertemuan dengan CEO Microsoft Satya Nadella dan makan malam dengan CEO Apple Tim Cook. Selain itu, rombongan Menkominfo juga akan mewakili Jokowi berkunjung kantor pusat Facebook dan Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya