SOLOPOS.COM - Peninjuan ke laboratorium mini SMKN Matesih, Karanganyar, Selasa (23/3/2021). (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri atau SMKN Matesih, Karanganyar, kini memiliki mini laboratorium yang diresmikan Kasi SMK Cab. Dinas Wil. VI Jateng, Sunarto, pada Selasa (23/3/2021).

Mini laboratorium yang menunjang program Center of Excellence SMKN Matesih tersebut disetting seperti perusahaan IT yang berada di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ruangan mini laboratorium SMKN Matesih ditata longgar dengan meja dan komputer yang dibuat melingkar. Di satu sudut terdapat kursi yang dibuat bertumpuk seperti desain interior industrial kekinian.

Kepala SMKN Matesih, Sihwarno, mengatakan sebagai sekolah yang dipilih menjadi pusat keunggulan, pihaknya siap untuk mencetak tenaga terampil yang mempunyai daya saing yang tinggi serta siap bekerja di dunia usaha maupun dunia industri atau menjadi wirausaha.

Pembelajaran Berbasis Proyek

Untuk mewujudkan hal tersebut SMKN Matesih memiliki beberapa program pembelajaran berbasis industri. Salah satunya menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan dirancang bersama industri.

Baca juga: Mau Uji Coba PTM Tapi Guru Belum Divaksin, Bupati Karanganyar Minta Ini Ke Gubernur

“Kami juga punya program yang kami kembangkan bernama Peduli SMK Mbangun Desa. Untuk prodi Multimedia nanti akan membantu meningkatkan kemampuan IT aparat desa dalam melaksanakan tugas administrasi. Sedangkan untuk Tata Boga akan memanfaatkan potensi pangan lokal menjadi produk unggulan bernilai tinggi bersama ibu-ibu PKK,” ucap dia kepada Solopos.com, Selasa (23/3/2021).

Kepala SMKN Matesih, Sihwarno
Kepala SMKN Matesih, Sihwarno. (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Sihwarno berharap nantinya siswa SMKN Matesih bisa memiliki daya saing yang kuat dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan ketika lulus sekolah.

Kasi SMK Cabang Dinas Wilayah VI Jateng, Sunarto, mengatakan adanya fasilitas tersebut bisa memiliki bekal lebih dibandingkan SMK lainnya. Hal ini lantaran SMKN Matesih merupakan salah satu unggulan yang diharapkan bisa langsung bersaing di dunia kerja ketika lulus.

“Semua kami harap bisa menjadi unggulan. Kami harap juga sekolah lainnya juga bisa mengikuti apa yang bisa dilakukan di SMKN Matesih ini. Saya juga senang penataan yang dibuat di laboratorium ini karena seperti simulasi di dunia kerja,” terang dia.

Baca juga: Uji Coba PTM, Cabang Disdik Wilayah VI Jateng Tunggu Rekomendasi 3 Bupati

Sekcam Matesih, Juli Patmi Handayani, mengatakan akan mendukung program Peduli SMK Mbangun Desa yang dibuat SMKN Matesih. Dia berkomitmen untuk membantu dalam hal sosialisasi ke desa-desa yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Matesih.

“Kami dari Pemerintah Kecamatan Matesih tentunya sangat mendukung program yang dikembangkan oleh SMKN Matesih. Karena selain membantu meningkatkan kapasitas aparat desa di bidang IT juga bisa membantu meningkatkan nilai produk lokal yang ada di Matesih. Sehingga, akan berdampak pada peningkatan kualitas ekonomi masyarakat. Kami akan sangat senang untuk bisa membantu,” beber dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya