Keripik Jamur Dieng, Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Keripik jamur dieng merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kabupaten Wonosonbo, Jawa Tengah. Keripik ini memiliki penampakan dan warna yang bervariasi sesuai dengan bentuk dan jenis jamur.
Keripik Jamur Dieng, Oleh-Oleh Khas Wonosobo
SOLOPOS.COM - Keripik Jamur Dieng (Instagram/@luckyoleholeh)

Solopos.com, WONOSOBO — Keripik jamur dieng merupakan salah satu makanan khas yang biasa dijadikan oleh-oleh jika sedang mampir ke wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Keripik ini memiliki penampakan dan warna yang bervariasi sesuai dengan bentuk dan jenis jamur. Tetapi umumnya keripik jamur dieng dibuat dari jamur merang (volvaliera volvacea) yang ditanam di Dataran Tinggi Dieng.

Keripik jamur ini memiliki rasa asin gurih dan berwarna coklat kehitaman dengan rasa yang khas, tetapi harganya agak sedikit mahal. Meskipun demikian, keripik jamur ini sering dicari wisatawan yang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng untuk dijadikan buah tangan.

Salah satu keunikan makanan yang satu ini adalah penambahan paru sapi, telur, dan bumbu-bumbu lainnya serta proses penggurangannya dapat meningkatkan nilai gizi serta kelezatan dari keripik jamur tersebut.

Kabar baiknya, untuk menikmati keripik jamur dieng ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Dieng lagi karena Solopos.com akan memberikan resep membuat kudapan legendaris ini. Dikutip dari Okezone.com, proses pembuatan keripik jamur diawali dengan memotong tangkai jamur lalu suwir-suwir kasar bagian payungnya, kemudian letakkan pada nampan yang lebar.

Baca Juga: Tape Sugihan Khas Blora Awalnya Dicibir Kini Nikmatnya Dikangenin

Adapun bumbu yang diperlukan adalah bawang putih halus, merica, kaldu bubuk, dan garam. Lumurkan bumbu halus pada jamur, aduk rata, sisihkan. Campur tepung beras dan tepung kanji hingga rata, taburkan ke atas jamur, aduk-aduk hingga tepung melekat pada jamur, sisihkan ± 15 menit.

Panaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng keripik. Tepuk-tepuk kelebihan tepung yang menempel pada jamur, lalu masukkan secara bertahap ke dalam minyak panas. Goreng sambil aduk hingga jamur setengah kering, angkat, tiriskan, sisihkan hingga dingin betul.

Saring minyak dari endapan tepung di dasar wajan, panaskan kembali minyak di atas api kecil hingga sedang. Goreng jamur setengah matang secara bertahap, aduk-aduk hingga jamur berwarna kecokelatan dan renyah, angkat, tiriskan, dinginkan dan siap untuk dinikmati.

Baca Juga: Pabrik Volta Semarang Targetkan 5.000 Unit Motor Listrik Tiap Bulannya

Keripik jamur buatan sendiri ini mungkin rasanya tidak mampu menandingi kelezatan oleh-oleh khas Wonosobo tersebut. Namun semoga resep ini dapat mengobti rasa penasaran akan keripik jamur dieng.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago