SOLOPOS.COM - Gunung Kerinci saat erupsi pada Sabtu (4/2/2023) pukul. 06.46 WIB. (ANTARA/HO-PVMBG/aa.)

Solopos.com, KERINCI Gunung Kerinci yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, mengalami erupsi selama lebih dari satu jam, Sabtu (4/2/2023).

Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatra dan menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia. Berlokasi di Pegunungan Bukit Barisan, Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gunung Kerinci mengalami erupsi pada pukul 06.46 WIB dengan durasi mencapai satu jam 40 menit, Sabtu. Petugas Pos Pemantau Gunung Api Kerinci Irwan Safwan, mengatakan terdapat kolam abu akibat aktivitas erupsi, di mana kolam abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal condong ke arah Timur dan Tenggara.

“Ketinggian kolam abu vulkanik mencapai 200 meter di atas puncak,” kata dia seperti dilansir Antara, Minggu (5/2/2023). Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm.

Dengan status Gunung Kerinci level dua atau waspada, kata dia, masyarakat masih dihimbau untuk tidak mendaki ke puncak gunung. Jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci juga dihindari karena berpotensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci Dedi Andrizal mengatakan terdapat beberapa kawasan yang terdampak erupsi Gunung Kerinci. Salah satunya di Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh Kerinci yang juga terkena abu erupsi.

” Saya sudah konfirmasi dengan Camat Gunung Tujuh, benar bahwa desa tersebut terdampak tiap kali erupsi tapi masyarakat sudah terbiasa, sehingga masih beraktivitas seperti biasa,” kata dia. Ia tetap menghimbau masyarakat untuk waspada dan selalu mendengarkan informasi mengenai kondisi Gunung Kerinci dari petugas pemantau Gunung Kerinci dan pemerintah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kerinci Armanto saat dikonfirmasi mengatakan saat ini tim sedang pengecekan ke wilayah yang terdampak abu erupsi Gunung Kerinci. ” Tim sedang lakukan pengecekan di daerah terdampak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya