SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di sepanjang ruas Jl Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah, Rabu (1/6/2022). Ruas jalan itu direncanakan menjadi lokasi alternatif sementara untuk menggelar CFD Klaten. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Car free day (CFD) Jl. Mayor Kusmanto saban Minggu dipastikan bergulir mulai Minggu (3/7/2022).

Kereta kuda dan permainan dengan volume besar dilarang beroperasi di area CFD.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Satpol PP dan Damkar Klaten, Joko Hendrawan, menjelaskan dari hasil koordinasi termasuk dengan Dishub dan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, CFD Jl. Mayor Kusmanto mulai digelar pada Minggu (3/7/2022).

CFD digelar di sepanjang ruas jalan tersebut dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen dan digelar saban Minggu pukul 05.00 WIB-09.00 WIB.

Joko menjelaskan sudah dilakukan pemetaan terkait pemanfaatan kawasan sepanjang Jl. Mayor Kusmanto yang digunakan untuk CFD.

Baca Juga: CFD Klaten Dimulai 3 Juli 2022, di Sini Lokasi Pedagang

Paving pada kedua sisi di sepanjang ruas jalan tersebut bisa dimanfaatkan para pedagang kaki lima (PKL) dengan ketentuan paving sisi barat untuk kuliner dan paving sisi timur untuk nonkuliner.

Sementara itu, badan Jl. Mayor Kusmanto steril dari aktivitas perdagangan dan difungsikan untuk kegiatan olahraga dan kesehatan, kegiatan seni, budaya dan hiburan, serta kegiatan edukasi selama CFD berlangsung.

Segala jenis kendaraan bermotor, kereta kuda, serta permainan dengan volume besar dilarang beroperasi di area CFD.

“Pertimbangannya karena wahana permainan sudah ada penempatan tersendiri seperti di Taman Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor, kawasan terminal. Sementara, CFD ini untuk mengembangkan UMKM yang ada di Klaten maupun sarana rekreasi dan olahraga untuk masyarakat,” kata Joko saat ditemui di kantor Satpol PP dan Damkar Klaten, Kamis (30/6/2022).

Soal kantong parkir, Joko menjelaskan kantong-kantong parkir dikelola oleh warga sekitar.

Baca Juga: CFD Klaten Digeser, Pemilik Angkringan Tanggapi Begini

Lokasinya di akses masuk ke Jl. Mayor Kusmanto seperti gang masuk kampung dengan ketentuan tidak mengganggu kegiatan warga maupun pedagang.

Sebelumnya, Pemkab berencana menggelar lagi CFD Klaten setelah lebih dari dua tahun ditiadakan gara-gara pandemi Covid-19.

Namun, lokasi CFD dipindahkan dari sebelumnya di sepanjang Jl. Pemuda ke Jl. Mayor Kusmanto.

Pasalnya, ada rencana proyek penataan Alun-alun Klaten yang berlokasi di tepi Jl. Pemuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya