SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daerah Operasi (Daops) VI Jogja akan membuka rute perjalanan tujuan Malang dan Purwokerto. Dua tujuan tersebut memiliki potensi permintaan penumpang cukup tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Humas Daops VI Eko Budiyanto menyampaikan, memasuki awal 2012, penambahan dua rute itu telah diprogramkan. Rute kereta api (KA) tujuan Malang akan dibuka mengingat selama ini penumpang dari Jogja sering tidak mendapatkan tiket karena telah penuh penumpang dari Jakarta menuju Malang. Sementara untuk tujuan Purwokerto akan dibuka untuk memenuhi akses penumpang Jogja khususnya untuk keberangkatan dari Stasiun Maguwoharjo.

“Rute Maguwo dari Bandara Adi Sutjipto dibuka untuk mempermudah akses penumpang bandara menuju Purwokerto. Baru diprogramkan dan disiapkan, rencananya awal tahun bisa Maret bisa April,” kata Eko kepada Harian Jogja, Selasa (3/1).

Lebih lanjut Eko mengatakan, minat masyarakat terhadap angkutan KA hingga kini masih tinggi. Terlebih pasca-diberlakukannya pembatasan tiket sesuai jumlah tempat duduk yang menurut PT KAI memberikan kenyamanan kepada penumpang. Hanya saja di sisi lain banyak penumpang tidak bisa mendapatkan tiket karena pembatasan tersebut. “Atas dasar itu PT KAI dan Dinas Perhubungan berusaha menambah jumlah kereta api dan gerbong. Dengan demikian diharapkan penumpang yang terangkut kereta api juga akan semakin banyak,” tambahnya.

Salah satu calon penumpang KA, Esti Budi mengatakan baru mengetahui informasi rencana penambahan dua rute baru itu. Esti Budi adalah warga Cilacap pelanggan kereta ekonomi dari stasiun Lempuyangan.

“Kalau ada jurusan Purwokerto bagus lah, soalnya teman saya kalau mau ke Purwokerto agak susah sering ikut ekonomi Jakarta turun Cilacap. Walau dari Maguwo tapi setidaknya ada alternatif baru,” katanya.

Rute Jogja-Malang dan Maguwoharjo-Purwokerto diprogram untuk kereta eksekutif jenis Kereta Rel Diesel Eksekutif (KRD) AC.(Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya