SOLOPOS.COM - Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno, mengikuti acara penganugerahan dari IGA 2021, Wonogiri sebagai Kabupaten Terinovatif, secara virtual di Ruang Plintheng Semar Sekretariat Daerah (Setda), Rabu (29/12/2021). (Istimewa-Pemkab Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meraih penghargaan sebagai kabupaten terinovatif pada penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2021 yang diinisiasi Kementarian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (29/12/2021).

Kategori terinovatif merupakan predikat tertinggi. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan kedua yang diraih Kabupaten Wonogiri. Pemkab memperoleh penghargaan dengan kategori yang sama pada 2020 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penganugerahan IGA 2021 digelar secara tatap muka dan virtual. Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno, mengikuti acara tersebut secara virtual di Ruang Plintheng Semar Sekretariat Daerah (Setda). Dia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Haryono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Heru Utomo, dan sejumlah pejabat lain. Acara disiarkan langsung melalui akun Youtube Badan Litbang Kemendagri.

Saat penyerahan piala dan piagam penghargaan Wabup turut berdiri sebagai simbolisasi dirinya menerima penghargaan. Selanjutnya dia menjalani sesi foto bersama kepala daerah lain penerima penghargaan kategori yang sama.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Konstruksi Waduk Pidekso Selesai Setahun Lebih Cepat

IGA 2021 dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap I penjaringan, yakni sosialisasi dan pengumpulan data inovasi daerah (pelaporan secara elektronik). Tahap II pengukuran, yakni menganalisis variabel, indikator, dan eviden input indeks inovasi daerah.

Tahap III penilaian, kepala daerah mempresentasikan inovasi daerah untuk dinilai tim penilai. Saat itu Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mempresentasikan inovasi daerah secara virtual. Tahap IV validasi lapangan, tinjauan lapangan untuk memvalidasi data dukung berdasar hasil presentasi.

Wabup Wonogiri, Setyo Sukarno, saat ditemui wartawan seusai mengikuti penganugerahan IGA 2021, menyampaikan penghargaan tersebut merupakan capaian bersama. Inovasi yang diikutkan dalam IGA tidak hanya inovasi yang diciptakan Pemkab.

Baca juga: 20 Finalis Duta Wisata Diajak Pahami Peta Potensi Wisata Wonogiri

Inovasi yang didaftarkan mencapai lebih dari 300 inovasi yang diciptakan organisasi perangkat daerah (OPD), satuan pendidikan, dan pemerintah desa/kelurahan. Oleh karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh inovator yang berkontribusi.

“Inovasi diciptakan tidak semata mengejar penghargaan, tetapi utamanya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Inovasi membuat layanan masyarakat lebih cepat, lebih mudah, dan lebih akurat. Penghargaan ini tentu memotivasi kami untuk terus berinovasi agar pelayanan masyarkat semakin baik lagi,” ucap Setyo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya