SOLOPOS.COM - Ilustrasi dosen muda (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Lebih dari 1.000 anak muda di Indonesia menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi saat usia mereka belum genap 25 tahun. Meski jumlahnya belum terlalu banyak  bila dibandingkan dengan jumlah pengajar, namun dosen di Indonesia tidak tua-tua amat.

Berdasarkan data dalam Buku Statistik Pendidikan Tinggi 2018 disebutkan ada 227 tenaga pendidik di perguruan tinggi negeri (PTN) dan 1.158 dosen di perguruan tinggi swasta (PTS) yang usianya di bawah 25 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Dosen yang berusia kurang dari atau sama dengan 25 tahun tersebar paling banyak pada program studi dengan Bidang Ilmu Teknik [395 dosen] dan Pendidikan [345 dosen],” sebagaimana tertulis dalam Buku Statistik Pendidikan Tinggi 2018.

Bukan Orang Sembarangan! Ini 4 Fakta Menarik Suami Puan Maharani

Ekspedisi Mudik 2024

Jumlah dosen muda di PTN ini memang tergolong kecil karena hanya sekitar 0,3% dari total dosen PTN yang mencapai 75.892 orang. Sedangkan di PTS, jumlahnya  sekitar 0,7% dari total 177.140 orang.

Meski begitu, mayoritas pengajar di Indonesia juga tidak terlalu tua-tua amat. Di PTN, kebanyakan berusia 35-45 tahun. Di kelompok ini ada 21.299 dosen. Sedangkan di PTS, mayoritas berada di kelompok umur 25-35 tahun. Ada lebih dari 61.000 dosen PTS yang usianya baru sekitar 25-35 tahun.

Persebaran Dosen Muda

Khusus di PTN, persebaran pengajar yang usianya di bawah 25 tahun belum merata. Masih cukup banyak PTN di Tanah Air yang belum memiliki aset anak muda sebagai pengajar. Sedangkan kampus yang memiliki dosen yang usianya di bawah 25 tahun terbanyak di antaranya adalah Institut Teknologi Sumatra dengan 23 orang.

Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Persepsi Masyarakat tentang UU Cipta Kerja Salah

Kemudian ada Universitas Negeri Malang dengan 18 orang dan disusul Universitas Negeri Padang dan Universitas Lampung masing-masing memiliki 14 orang.

Bagaimana dengan PTN yang terkemuka? UGM Yogyakata punya 11 pengajar yang usianya masih di bawah 25 tahun. ITB tercatat memiliki 8 pengajar muda di kampus itu. Sedangkan Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga, dan IPB tidak memiliki pengajar yang usianya di bawah 25 tahun.

Pemerintah berupaya menggenjot dosen muda di Indonesia. Keberadaan mereka akan menjadi angin segar dalam upaya memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu caranya Program Magang Dosen.

Program ini juga menjadi salah satu solusi mengurangi disparitas kompetensi dosen dalam menjalankan Tri Darma. Pada 2018, terdapat 164 pengajar yang usianya di bawah 40 tahun selama empat bulan magang di delapan perguruan tinggi top Tanah Air, seperti di ITB, IPB, Universitas Airlangga, dan UGM.

Mahasiswa Kerjakan Tugas Saat Demo Bikin Salut Netizen

”Potensi para dosen muda sungguh luar biasa. Mereka memiliki ide-ide yang kreatif. Setelah kembali ke universitas asal dapat menjadi duta yang bersinar, menghasilkan prestasi dan dapat membawa pengajar lainnya ikut berkembang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya