SOLOPOS.COM - Tokopedia bersama BI dan OJK meluncurkan Modul Literasi Keuangan untuk para pelaku UMKM, Senin (23/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tokopedia bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Modul Literasi Keuangan, Senin (23/5/2022).

Modul Literasi Keuangan yang ditujukan untuk para pelaku UMKM tersebut ditujukan untuk menjadi panduan pelaku UMKM untuk mendapatkan panduan dalam pengelolaan keuangan dan usahanya serta menjadi sarana literasi keuangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peluncuran yang dilakukan secara virtual tersebut dihadiri oleh jajaran manajemen Tokopedia, perwakilan BI dan OJK. Vice Chairman and C0-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, menjelaskan berdasarkan survei OJK pada 2019, tingkat literasi keuangan masyarakat masih berada di 38,03%, berbanding terbalik dengan inklusi keuangan masyarakat yang telah mencapai 76,19%.

Berdasarkan survei internal Tokopedia pada pelatihan digitalisasi tahun 2021-2022, menunjukkan 97% pelaku UMKM merasa sangat terbantu dengan pelatihan digitalisasi yang diberikan. Dalam survei tersebut, 60,1% pelaku UMKM merasa membutuhkan materi yang dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan.

“Hari ini Tokopedia sebagai perusahaan teknologi sangat beruntung mendapatkan kesempatan berkolaboirasi dengan BI dan OJK untuk menghadirkan Modul Literasi Keuangan. Dengan begitu diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM lokal demi bersama membangkitkan ekonomi nasional,” kata dia.

Baca Juga: Orang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

 Tokopedia bersama BI dan OJK meluncurkan Modul Literasi Keuangan untuk para pelaku UMKM, Senin (23/5/2022). (Istimewa)

Tokopedia bersama BI dan OJK meluncurkan Modul Literasi Keuangan untuk para pelaku UMKM, Senin (23/5/2022). (Istimewa)

Dia mengatakan modul itu merupakan materi pembelajaran yang dapat digunakan UMKM untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan dan meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan serta transformasi pembayaran dan transaksi secara digital.

“Modul Literasi Keuangan ini akan menjadi bagian dari program Kelas Maju Digital, yang merupakan rangkaian pelatihan yang diselenggarakan oleh Tokopedia di berbagai daerah,” lanjut dia.

Modul Literasi Keuangan merupakan salah satu upaya Tokopedia dalam mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital. Diharapkan modul tersebut dapat dimanfaatkan dan menjadi panduan bagi masyarakat, khususnya sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% merupakan UMKM lokal, untuk terus mengembangkan usaha mereka.

Baca Juga: Transaksi Tokopedia Naik, Ini Tren Belanja 2021 di Jawa Tengah dan Solo

Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, pada sambutannya menyampaikan literasi keuangan merupakan faktor penting untuk UMKM dalam mengembangkan usaha.

“Sinergi ini merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa mendukung pengembangan UMKM melalui sinergi dengan berbagai pihak. Tujuannya untuk mempercepat UMKM naik kelas dan meningkatkan kontribusinya dalam pemulihan ekonomi nasional melalui literasi keuangan, digitalisasi, dan globalisasi,” kata dia.

Disebutkan, peluncuran Modil Literasi Keuangan juga menjadi bagian dari rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia yang dilaksanakan oleh BI, serta Presidensi Indonesia pada G20.

Baca Juga: Kembalikan Pola Makan Usai Lebaran, Begini Tips Tokopedia dan Ahli Gizi

Di sisi lain, Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara, mengapresiasi langkah Tokopedia dalam meningkatkan literasi keuangan.

“OJK berkomitmen penuh dalam mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional. Untuk itu, upaya ini tidak hanya bermanfaat bagi pegiat UMKM, tetapi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memulihkan ekonomi negeri,” jelas dia.

Modul Literasi Keuangan tersebut terdiri dari empat topik besar. Pertama, mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan. Kedua, mengenai cara memperoleh dan mengelola modal usaha. Ketiga adalah metode dan transaksi online serta cara melapor pajak. Sedangkan keempat adalah mengenai investasi yang aman dan menguntungkan lewat Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana.

Modul Literasi Keuangan dapat diakses secara gratis oleh seluruh UMKM di Indonesia melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia mulai 23 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya