SOLOPOS.COM - Keseruan Coding Day di SMP Batik Surakarta. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terus konsen menerapkan pembelajaran berbasis digital di Kota Solo, SMP Batik Surakarta bekerja sama dengan Educourse.id, salah satu perusahaan startup yang diakselerasi oleh Telkom Indonesia, menyelenggarakan kegiatan Coding Day bagi siswa-siswi yang tergabung dalam kelas unggulan digital, Kamis (26/1/2023).

Seluruh siswa kelas digital mengikuti kegiatan yang bertempat di laboratorium komputer SMP Batik Solo dengan antusias dan penuh semangat.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kegiatan  ini diawali dengan menggali kemampuan coding siswa menggunakan aplikasi Scratch yang selama ini mereka gunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya siswa dikenalkan dengan robotik serta bahasa pemograman Phyton untuk menunjang pemahaman mereka tentang dunia coding.

Ekspedisi Mudik 2024

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMP Batik Solo, Galuh, menyebut tujuan dari penyelenggaraan acara ini untuk lebih mengasah keterampilan Computational Thinking siswa melalui bahasa pemrograman.

Selain itu, Viki Friandika sebagai pengajar dari educorse.id menuturkan harapan dari kegiatan ini siswa di Indonesia pada umunya dan khususnya di SMP Batik Surakarta memiliki literasi digital yang baik, sehingga ke depan siswa bisa semakin maju di dunia digital dan bisa membuat sebuah kaya berupa project Scratch, Tynker, dan Robotik.

Tentu dengan kemampuan yang baik di bidang ini, harapannya siswa juga dapat mengembangkan skill sehingga tidak menutup kemungkinan bagi siswa ke depan untuk semakin berprestasi di bidang digital ini.

Lebih lanjut dalam refleksi dan evaluasi yang dilakukan pasca kegiatan, ternyata dari 87 siswa, sebanyak 84 siswa (96,6%) menyatakan sangat berminat dan tertarik untuk terus belajar coding.

Kepala Sekolah SMP Batik Surakarta, Ceket Palupi Suroso mengatakan bahwa kegiatan ini adalah awal dari kegiatan yang akan dilakukan di tahun pelajaran yang akan datang dan sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi dengan lembaga lain untuk mendukung proses pembelajaran di SMP Batik Solo, khususnya di kelas digital/STEAM-Q.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya