Keren! Siswa Asal Gentan Sukoharjo Raih Medali Perak Olimpiade Internasional

Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021.
Keren! Siswa Asal Gentan Sukoharjo Raih Medali Perak Olimpiade Internasional

Solopos.com, SOLO — Seorang siswa asal Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Farrel Alfaza Marsetyo meraih medali perak dalam International Biology Olympiad (IBO) 2021 yang diselenggarakan secara virtual dari Portugal, 18-23 Juli 2021 lalu.

Dalam kompetisi internasional tersebut, Farrel yang mewakili MAN Insan Cendekia, Serpong ini mengalahkan ratusan peserta dari 76 negara.

Sebagai delegasi Indonesia, Farrel berjuang bersama tiga rekan lainnya, yakni Nathanael Tjandra, siswa SMAK Calvin DKI Jakarta yang meraih medali emas, Leonard Hartanto Jososudarmo, siswa SMAK Penabur Cirebon yang juga meraih medali perak, serta Nathaniel Teopilus, siswa SMA Kristen Immanuel Pontianak yang meraih medali perunggu.

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Boyolali Senang Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Farrel mengatakan, raihan medali perak ini merupakan kali kedua pada event yang sama pada 2020. “Alhamdulilaah, iya dapat medali perak sesuai dengan harapan, minimal sama dengan perolehan tahun lalu [perak]” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan, butuh persiapan cukup lama untuk ikut lomba yang diikuti multinegara tersebut. “Sejak tahun lalu saya sudah dihubungi tim olimpiade Indonesia supaya saya ikut lagi tahun ini. Lalu saya persiapkan supaya bisa juara lagi,” imbuh putra pasangan Dwi Marsetyo-Indriati Yuni Astuti tersebut.

Persiapan khusus untuk menghadapi lomba dilakukan intensif selama 3 pekan secara virtual bersama teman delegasi lainnya, dipandu tim khusus olimpiade Indonesia. “Alhamdulilaah persiapan lancar dan pelaksanaan lomba juga lancar. Dan Alhamdulillah juga dapat juara lagi,” imbuh anak pertama dari 4 bersaudara ini.

Sementara itu, saat ditanya tips sukses menembus olimpiade internasional seperti itu, siswa asal Gentan Sukoharjo ini mengatakan jaga tekad dan semangat, jangan pernah bosan belajar. “Dan yang penting juga adalah sering-seringlah meminta doa dan restu orang tua dan guru,” ujar siswa kelahiran Solo yang lulus tahun ini.

Baca Juga: Potret Selvi Ananda Ini Dibilang Mirip Artis Korea, Setuju Lur?

Lalu mengapa Farrel memilih sekolah jauh-jauh di Serpong? Menurutnya, ia ingin melanjutkan ketertarikannya dalam olimpiade yang sudah ia ikuti sejak sekolah di SMP Islam Terpadu (SMP IT) Nur Hidayah, Solo.

“Dulu di SMP Nur Hidayah kan sering ikut olimpiade. Lalu supaya bisa lanjut, saya cari sekolah yang dikenal bagus untuk olimpiade-olimpiade gitu. Lalu saya mendaftar ke sana,” imbuh Farrel yang sudah diterima kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago