SOLOPOS.COM - Bagian depan SMAN Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil Rabu (15/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gedung SMAN Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, memukau Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat meresmikannya, Rabu (15/6/2022). Desain modern dan futuristik membuat SMAN Tawangmangu memang tak biasa.

Namun, bukan cuma gedungnya yang bikin sekolah baru ini bakal keren. Ada hal lain yang bikin SMAN Tawangmangu digadang-gadang jadi center of excelence atau sekolah unggulan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Plt Kepala SMAN Tawangmangu, Hasto Tyas Harjadi, sekolahnya belum tuntas dibangun. Saat ini sekolah sudah memiliki gedung utama yang nantinya dijadikan sebagai ruang kepala sekolah, ruang guru, dan lainnya.

Karena desain luarnya dikonsep futuristik, maka untuk menyesuaikan itu perabotan dalam ruangan juga akan disesuaikan. “Jadi di ruangan utama yang ada lobinya itu, nanti kursi-kursinya tidak pakai kursi-meja biasa, tapi pakai sofa,” ujar Hasto, Rabu.

ganjar pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengacungkap jempol setelah melihat tembok bawah jendela SMAN Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, yang dulu pernah ia tendang, Rabu (15/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Baca Juga: Dulu Berang Tendang Tembok, Ganjar Kini Senyum Lihat SMAN Tawangmangu

Selain itu, penataan ruang kelas juga akan dilakukan sedemikian rupa dan jauh berbeda dengan sekolah pada umumnya.

Mengenai fasilitas, sekolah tersebut akan dilengkapi dengan laboratorium IPA, tempat ibadah, dan fasilitas lain untuk menunjang pembelajaran.

Hal lain yang berbeda, sekolah ini memiliki ruang terbuka yang digunakan sebagai tempat pembelajaran luar ruang. Pembelajaran model ini akan dilakukan secara rutin. Berkaitan dengan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar (KBM) akan dilakukan secara terpadu.

“Direncanakan KBM dilakukan double track. Yakni selain ke akademik juga ke lifeskill [keterampilan] dengan berbasis muatan lokal Tawangmangu. Misalnya berhubungan dengan obat-obatan, kuliner, budaya, dan pariwisata. Makanya sekolah didesain futuristik, berbeda dengan bangunan sekolah yang lain. Visi yang dibawa sekolah ini adalah Tawangmangu Untuk Dunia,” ujarnya.

SMAN Tawangmangu Karanganyar
SMAN Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar belum sepenuhnya selesai dibangun. Foto diambil Rabu (15/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Mirip Hotel

Seperti diberitakan, Bangunan SMAN Tawangmangu di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar benar-benar berbeda dibandingkan dengan bangunan sekolah lain pada umumnya.

Gedung utama sekolah baru yang berlokasi di kawasan Beji ini tampak seperti gedung mewah dengan desain yang unik. Hal ini bisa terlihat sejak dari luar, di mana mata akan tertuju pada lobi yang pada lantai keduanya mengaplikasi bata ekspos pada dindingnya. Terdapat jendela berwarna putih yang langsung memberikan kesan mewah.

Selain itu, pada bangunan lantai dua lobi ini juga menerapkan bentuk lengkung pada salah satu sudutnya. Lebih terkesan relatif seperti hotel ketimbang sekolah.

Saat memasuki lobi, kesan bahwa bangunan tersebut adalah bagian dari sekolah semakin lenyap. Pengunjung akan disambut dengan ruangan luas mirip hall pada hotel. Tidak ada lemari piala, tidak ada kursi ukir, juga tidak ada vas bunga plastik.

SMAN Tawangmangu Karanganyar
Bagian dalam SMAN Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil Rabu (15/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Ruangan ini juga tidak dikelilingi tembok secara penuh. Pada dua bagian dindingnya ditempatkan deretan jendela berkaca bening. Kondisi ini membuat cahaya matahari mudah masuk dan membuat ruangan terang secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya