Keren! Keluarga Indekos di Pundungan Klaten Terima Bantuan dari Perantau

Gugus Tugas Covid-19 Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring menyalurkan bantuan kepada keluarga yang tak tercatat sebagai warga Desa Pundungan.
SHARE
Keren! Keluarga Indekos di Pundungan Klaten Terima Bantuan dari Perantau
SOLOPOS.COM - Ilustrasi sembako. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KLATEN – Gugus Tugas Covid-19 Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring menyalurkan bantuan kepada keluarga yang tak tercatat sebagai warga Desa Pundungan. Bantuan itu berasal dari hasil urunan warga Pundungan yang kini berada di perantauan.

Kepala Desa Pundungan, Danang Setyawan, mengatakan bantuan yang diberikan berupa paket sembako. Sasaran bantuan diberikan kepada keluarga atau warga luar desa yang indekos serta mengontrak rumah di Pundungan. Bantuan juga diberikan kepada warga luar desa namun sehari-hari beraktivitas di Pundungan seperti guru PAUD.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

"Sasarannya keluarga non KK Pundungan. Latar belakang mereka ada yang jualan, ada tukang cukur, dan guru PAUD. Ada yang berasal dari wilayah Jawa Barat, ada pula yang hanya tetangga kecamatan. Kami salurkan bantuan kepada mereka karena sebagian ada yang tidak bisa pulang serta terdampak Covid-19 juga," kata Danang saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (22/6/2020).

Indikasi SKD Palsu di PPDB Jateng, Ganjar Ancam Seret ke Penjara

Danang menjelaskan bantuan berasal dari penggalangan dana yang dilakukan warga asal Pundungan, Klaten yang merantau serta sudah menetap di luar kota.

"Ekonomi mereka sudah mapan. Pada Lebaran kemarin mereka tidak pulang [karena ada pandemi Covid-19]. Mereka tergugah untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan di desa meskipun berada di perantauan," urai dia.

Paket Sembako

Total hasil penggalangan dana para perantau asal Pundungan, Klaten, itu senilai Rp5,5 juta. Hasil penggalangan dana tersebut digunakan untuk membeli bahan paket sembako kepada keluarga atau warga luar desa yang indekos serta mengontrak rumah di Pundungan.

"Untuk tahap pertama dana Rp2 juta kami manfaatkan untuk pembelian paket sembako. Sementara pada tahap kedua kami manfaatkan dana Rp3,5 juta untuk pembelian sembako senilai Rp3 juta dan masker senilai Rp500.000," kata Danang.

Giliran Karyawan Perusahaan di Wonogiri Jadi Sasaran Rapid Test, Gimana Hasilnya?

Bantuan paket sembako kepada warga yang tak tercatat sebagai penduduk Pundungan itu sudah disalurkan pada Jumat (19/6/2020) bersamaan penyaluran paket sembako dari provinsi kepada warga yang tercatat sebagai penduduk Pundungan.

"Bantuan paket sembako dari pihak ketiga [warga perantauan] kami siapkan 53 paket. Yang sudah mengambil bantuan ada 52 keluarga," kata Danang.

Sekretaris Desa Pundungan, Klaten, Novita Kesiyarinni, mengatakan bantuan yang diberikan kepada warga yang indekos serta mengontrak di Pundungan itu berupa 2,5 kg beras, 1 liter minyak, 1 kg gula, dua bungkus teh tubruk, dan lima bungkus mi instan.



Kata Kunci : Bansos Klaten COVID-19
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago