SOLOPOS.COM - Kelompok Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meraih juara pada Syiah Kuala Mining Engineering Competition (SMEN) yang diselenggarakan Universitas Syiah Kuala Aceh. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Pertambangan, Brown Cosmic, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meraih juara pada Syiah Kuala Mining Engineering Competition (SMEN) yang diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala Aceh.

Dalam kegiatan yang digelar secara online pada 1-6 November 2021, Brown Cosmic ITNY diwakili oleh Lydia Afriani, Sapri Samsudin, Reynaldy Putra Nur Wibiyanto, Iwan Satrio Hutomo, Muhammad Hafizh Hisbullah, Bram Lanjana, Tesya Puspita Mamonto, dan Anna Sikhatul Kaifiyah.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Terdapat enam cabang kompetisi pada SMEN 2021 dan ITNY berhasil meraih juara 1 Study Case dalam bentuk paper, juara 2 Software Micromine competition, dan juara 3 Writing Test.

“Alhamdulillah kami dinobatkan sebagai juara umum 4 dan bisa membawa nama kampus,” ujar Lydia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: ITNY Bareng TNI Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Mahasiswa dan Umum

Pada kesempatan yang tidak berselang lama, Tim Brown Cosmic juga meraih juara dalam ajang Kalimantan Student Mining Competition (KSMC) ke-6 yang diselenggarakan oleh Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini juga digelar online melalui platform zoom meeting pada 9-11 November 2021. Terdapat dua lomba yang dimenangi tim Brown Cosmic yaitu Exploration Drilling (Juara 3) dan Cognitive Test (Juara 3).

Dosen Pembimbing, Ir. Hendro Purnomo, MT, mengaku sangat bangga dan terharu atas pencapaian Tim Brown Cosmic yang telah berusaha sangat keras dalam kompetisi tersebut.

“Jurusan akan selalu mendukung aktifitas mahasiswa terutama pada lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Baca Juga: Program MBKM, Mahasiswa ITNY Susun Digitalisasi Peta Desa di Bantul

Sementara itu, mahasiswa Teknik Geologi ITNY, terus memgembangkan diri untuk berusaha tampil di kompetisi kegologian untuk menambah wawasan dan semangat kemahasiswaan.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok belajar beranggotakan Veggy Vireni Ramli, Tyas Aditama, Unggul Prabowo juga berhasil menorehkan prestasi membanggakan.

Mereka ikut dalam ajang National Paper Competition Borneo Geological Event (NEOGEN 2.0) Tahun 2021 dengan makalah berjudul Studi Karakteristik (Fisik dan Kimia) Soil dan Implementasi Terhadap Penerapan Machine Learning sebagai Pendekatan Baru dalam Eksplorasi Endapan Residual Nikel Laterit Blok Y.

Prestasi yang ditorehkan adalah Juara 1 di ITNY, Juara 2 Universitas Pertamina, dan Juara 3 di UGM Dosen Pembimbing mereka, Obrin Trianda, S.T., M.T, mengatakan sangat bangga dan terharu terhadap prestasi yang diraih oleh mahasiswa-mahasiswa bimbingannya tersebut.

“Kami sangat sanggat mendukung semua kegiatan mahasiswa dan mahasiswi dalam membuat dan meraih prestasi di luar kampus ITNY,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya