SOLOPOS.COM - Aksi penari di penutupan Festival Reog Nasional XXII, Selasa (13/10/2015) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Solopos.com, PONOROGO — Festival Reyog Ponorogo masuk dalam kalender wisata nasional, Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu dari lima daerah di Jawa Timur yang terpilih. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, mengatakan ini kali pertama event rutin di Ponorogo masuk dalam kalender wisata nasional. Menurutnya, ini capaian yang membanggakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Pesona Kulminasi, Agenda Wisata Ini Katanya Bisa Bikin Awet Muda Lo…

“Alhamdulillah akhirnya [salah satu acara] Kabupaten Ponorogo lolos event nasional KEN 2022. Tentu sangat senang ya bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara,” kata dia yang dikutip dari siaran pers, Jumat (4/3/2022).

Judha menuturkan pemkab akan melakukan berbagai persiapan menyiapkan event Festival Reyog Ponorogo tersebut. Persiapan yang dilakukan mulai dari kesiapan sarana dan prasarana untuk mendukung terselenggaranya festival itu. “Karena masuk KEN 2022, tentu Festival Reyog Ponorogo harus tampil lebih baik dan memukau,” jelas Judha.

Baca Juga : Mitos Penyajian Dawet Jabung Khas Ponorogo, Pembeli Diminta Menikahi Penjual

Dengan masuknya Festival Reyog Ponorogo ke agenda wisata nasional itu, lanjut dia, harapannya bisa menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Lebih lanjut, dia berharap Festival Reyog Ponorogo ini terus menjadi agenda rutin tahunan tingkat nasional dalam KEN.

Tentunya dengan catatan pelaksanaan kegiatan ini terprogram pada tanggal dan bulan yang sama setiap tahun. “Untuk tahun ini, rencana pelaksanaannya masih menyatu dengan perayaan Grebeg Suro. Tetapi ke depan akan kami usulkan pelaksanaannya tiap tanggal 11 Agustus yang bertepatan dengan HUT Kabupaten Ponorogo. Sehingga Festival Reyog Ponorogo masuk ke dalam top 10 KEN.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya