SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan dari FTI UKSW ke warga Dusun Gedong, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang merupakan salah satu dusun di di lereng Gunung Merbabu yang berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Dusun ini memiliki akses jalan yang menanjak dan ekstrem. Kondisi geografis tersebut membuat banyak potensi Dusun Gedong, seperti destinasi wisata andalan Gedong-Pass (G-Pass), sayuran organik, kopi, tembakau, susu dan olahannya yang memiliki nilai ekonomis belum terpublikasikan.

Kondisi ini mendorong tim dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), dengan hibah pendanaan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun Anggaran 2021 melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk memberdayakan masyarakat Dusun Gedong.

Tim ini terdiri atas Dr. Evi Maria, M.Acc., Ak., CA. sebagai ketua, serta dua anggota yaitu Suharyadi, S.Kom., M.Cs, dan Purwanto, S.E., M.Cs.

Baca Juga: Kenalkan Nilai Creative Minority Sejak Dini, Ini Strategi UKSW Salatiga

Dr. Evi Maria, S.E., Akt., M.Acc, yang diwawancarai Kamis (23/12/2021) mengungkapkan pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan pembuatan website untuk memublikasikan dan memasarkan seluruh potensi Dusun Gedong yang memiliki nilai ekonomis dan siap untuk dijual.

Dengan menerapkan teknologi informasi tim ini berharap potensi Dusun Gedong dapat terpublikasikan dengan jangkauan yang lebih luas dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga, khususnya disaat era new normal seperti sekarang ini.

Website ini merupakan hasil penelitian dan purwarupa dari tim dosen UKSW. Sebelum pembuatan website, tim telah mengadakan focus group disscussion dengan pengurus karang taruna Kridha Arum yang merupakan pengelola usaha disana untuk mengindentifikasi kebutuhan dan isi konten website Dusun Gedong,” jelasnya.

Ditambahkan Suharyadi, S.Kom,. M.Cs, website ini sudah didesain dan diatur sesuai dengan kebutuhan Dusun Gedong.

Baca Juga: Lembaga Mitra Rasakan Manfaat Program PLT Mahasiswa Fiskom UKSW

“Jadi tidak perlu khawatir karena website di-setting mudah untuk pengoperasiannya. Kami dan tim mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi akan mendampingi karang taruna agar dapat menggunakan website secara optimal. Pendampingan dilakukan karena informasi yang diterima dari ketua karang taruna, Wahono, ada 20 titik WiFi di dusun ini tetapi belum ada alat dan SDM yang mampu menggunakannya untuk memaksimalkan potensi dusun,” katanya.

Paket Wisata Dusun Gedong

Suharyadi menyebut website yang dapat diakses di dusun-gedong.com ini dirancang tidak hanya untuk transaksi jual beli sayuran saja, tetapi juga untuk memasarkan potensi wisata. Paket wisata yang ditawarkan meliputi wisata edukasi seperti perah susu, tanam sayur, petik kopi dan sayur, dan juga wisata budaya serta wisata alam yang meliputi camping ground, air terjun, tracking dan juga wisata G-Pass.

Tidak hanya itu, Purwanto, S.E., M.Cs., menambahkan dalam program ini tidak hanya website yang diberikan, tetapi juga bantuan infrastruktur tekologi informasi yang diberikan kepada Karang Taruna Kridha Arum, sebagai mitra pengabdian.

“Bantuan tersebut berupa 2 unit tablet, 1 unit laptop dan 1 unit printer. Selain itu, ada 4 unit HT yang juga diberikan kepada karang taruna untuk digunakan sebagai alat komunikasi dan koordinasi. Bantuan tersebut juga akan diserahkan hari ini. Semua bantuan tersebut diberikan oleh Dirjen Diktiristek melalui tim PkM UKSW di bulan Desember 2021 ini,” terangnya.

Baca Juga: Webinar UKSW: Cakap Digital, Gunakan Medsos untuk Gali Potensi Diri

PkM ini mendapatkan sambutan baik dari pemerintah di tingkat Kecamatan Getasan dan Desa Tajuk. Camat Getasan Istichomah dan Kepaa Desa Tajuk Singgih menuturkan hanya penerapan teknologi informasi yang bisa menjadi jawaban masalah pemasaran di dusun tertinggi di lereng Gunung Merbabu ini.

“Kami juga mengizinkan website Dusun Gedong ini ditautkan dengan website milik Kecamatan Getasan. Dengan ditautkannya website Dusun Gedong dengan website kecamatan dapat menambah tingkat kepercayaan bagi calon pembeli ketika akan melakukan transkasi pemesanan melalui website dusun,” imbuh Istichomah.

Rekomendasi
Berita Lainnya