SOLOPOS.COM - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono melakukan soft launching Sistem Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara (Sidara) di Cafe Tikako Kalilunjar, Kamis (26/8/2021).

Sidara digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dispermades-PPKB) Kabupaten Banjarnegara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Kepala OPD terkait seperti Kepala Dispermades-PPKB Hendro Cahyono, Kepala Dinas Kominfo Riono Rahadi Prasetyo, Kepala Badan Kesbangpol Teguh Handoko, Kasatpol PP Esti Widodo.

Ada juga Kalakhar BPBD Aris Sudaryanto, Camat Banjarmangu Gigih Sundoro beserta Forkompincam Banjarmangu, dan kepala desa se-Kecamatan Banjarmangu, beserta undangan lain dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: RS di Kudus Mulai Nonaktifkan Ruang Isolasi Covid-19

Bupati Budhi Sarwono dalam sambutannya memberikan apresiasi khusus kepada Dispermades yang telah mewujudkan sistem informasi Sidara. Menurutnya, saat ini sudah saatnya kinerja pemerintah desa harus mulai merumuskan kearah kemandirian desa.

“Inilah waktunya panjenengan semua sudah harus melangkah kearah inovasi, yaitu gagasan-gagasan baru, ide-ide yang out of the box, strategi yang matang untuk menuju perubahan ke arah yang lebih baik dan maju. Dan adanya aplikasi Sidara ini merupakan salah satu solusi bagi aparat untuk mewujudkan inovasi dan langkah-langkah segar pembaruan,” kata dia.

“Mari bareng-bareng bantu Pak Bupati mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera. Kalau Desanya maju, insya Allah masyarakatnya juga akan terangkat derajat kesejahteraannya. setuju nggih? jangan menunggu contoh, baru kita bergerak mengikuti. Tapi bergeraklah, maka kita akan menjadi contoh yang diikuti. Selamat kepada DispermadesPPKB yang menjadi penggagas invovasi, yakni aplikasi Sidara, semoga membawa kemajuan bagi desa dalam upaya mewujudkan masyarakat Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” katanya.

Baca Juga: Hore! Bus Trans Jateng Semarang-Grobogan Beroperasi Oktober 2021

Bupati juga berharap Sidara dapat terintegrasi dengan Kecamatan maupun Dispermades. Artinya, sistem pengawasan dan pembinaan akan lebih mudah terkontrol, di samping itu penyediaan data yang akurat akan lebih sinkron antara data di desa dengan data yang ada di tingkat kabupaten.

“Harapannya kami ke depan, inovasi ini dapat menjadikan embrio bagi pemerintah desa di Banjarnegara agar mampu bersaing dan menciptakan peluang positif di era industri 4.0,” pesannya.

Pikat Swasta

Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara Hendro Cahyono dalam laporannya menjelaskan dalam mewujudkan peningkatan perkembangan desa perlu diadakan suatu terobosan peningkatan Sinergitas Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara.

“Sebagai salah satu aksi kami dalam penerapan inovasi dimaksud adalah dengan mengintegrasikan Sistem Informasi Desa melalui aplikasi Sidara. Untuk ini sudah ada penambahan panel data potensi desa, menjadi terpusat satu data di tingkat kabupaten yakni di DispermadesPPKB dan tingkat kecamatan yakni di Kantor Camat masing-masing,” jelasnya.

Lebih jauh Hendro berharap dengan penyempurnaan sistem informasi desa yang terwakili oleh Sidara akan mampu menjadi penyedia data potensi desa sehingga harapannya dapat menarik pihak swasta untuk bekerja sama dengan desa dalam pengembangan perekonomian di desa.

“Kami berharap semoga ke depannya, akan mampu meningkatnya partisipasi dunia usaha dalam ikut serta menyukseskan program pemerintah, terbangunnya jejaring kerja pengelolaan informasi potensi desa, tersedianya informasi yang mudah untuk diakses terkait dengan potensi desa, serta meningkatnya kualitas pengelolaan pemerintahan desa,” harapnya.

Baca Juga: Gunung Lanang, Perpaduan Antara Surga dan Kisah Mitos

Dia mengakui inovasi tersebut merupakan hal baru bagi pemerintah desa sehingga implementasinya pun masih secara bertahap terlebih dahulu di Kecamatan Banjarmangu, selaku pilot project.

Dia optimistis setelah adanya evaluasi yang mengarah pada kesuksesan penerapannya di lapangan, Dispermades-PPKB akan mulai mengimplementasikan ke seluruh desa di Banjarnegara dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk saat ini, aplikasi SIDARA diakses melalui alamat http://sidara.smartvillage.center/.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan piala pada Lomba Administrasi Desa Tingkat Kabupaten. Sebagai Juara I Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu, Juara II diraih oleh Desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan, sementara Juara III disabet Desa Petambakan Kecamatan Madukara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya