Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng

Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk pada Oktober 2021 mendatang.
Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng
SOLOPOS.COM - Tiga orang siswa belajar matematika di laboratorium komputer SMP Dimsa untuk persiapan maju KSN matematika tingkat Provinsi Jateng, Jumat (24/9/2021). (Istimewa/SMP Dimsa)

Solopos.com, SRAGEN — Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk mata pelajar matematika, IPA, dan IPS pada Oktober mendatang.

Tiga siswa di antaranya berasal dari SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (Dimsa) untuk KSN matematika, siswa lainnya berasal dari SMPN 1 Sragen, SMPN Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, dan SMP Baitul Quran Sragen.

Mereka ditunjuk mewakili Sragen karena berhasil memenangi juara I, II, dan III KSN Tingkat Kabupaten Sragen yang diumumkan Kamis (23/9/2021). Ketiga siswa SMP Dimsa itu terdiri atas Hanifah Fitri Ramadhani peraih juara I, Ahmadan Sauqi Zhahir peraih juara II, dan peraih juara III Fajri Ahmad Habibi.

Baca Juga: Selamat! Sragen Raih Penghargaan Parahita Ekapraya dari Kemen PPPA

Pejabat Humas SMP Dimsa, Kristanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (24/9/2021), menyampaikan KSN tersebut digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sragen. Dia menjelaskan peserta KSN seluruh sekolah SMP se-Indonesia tetapi diambil juara per kabupaten/kota dalam babak penyisihan tingkat kabupaten/kota. Dia menerangkan selanjutkan KSN akan digelar tingkat provinsi dan akhirnya nanti tingkat nasional.

“Tiga siswa itu persiapan untuk maju ke KSN matematika tingkat Provinsi Jateng pada Oktober mendatang. Mereka dibimbing oleh guru matematika supaya bisa berhasil di tingkat provinsi. Kebetulan untuk wakil KSN matematika semua dari SMP Dimsa karena juara I sampai III diraih siswa SMP Dimsa. Untuk KSN IPA dan IPS dimenangkan oleh siswa dari sekolah lain,” katanya.

Kristanto menerangkan dalam persiapan menghadapi KSN tingkat provinsi tidak ada karantina belajar untuk siswa. Dia menjelaskan karena SMP Dimsa sudah berbasis pesantren maka bimbingan yang dilakukan lebih bisa intensif karena siswa tinggal di asrama pesantren. Dia menerangkan kadang kala mereka belajar sampai larut malam.

“Dimsa ini banyak prestasi yang diraih para siswa. Sampai-sampai Dimsa ini dijuluki sebagai pondoknya para juara,” ujarnya.

Baca Juga: Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Kepala SMPN 1 Sragen, Wiyono, menyampaikan ada lima siswa SMPN 1 Sragen yang akan mewakili Sragen ke tingkat provinsi dalam ajang KSN IPA dan IPS. Dia menyebut tiga siswa yang akan maju dalam KSN IPS terdiri atas Natasya Ayu Kirani siswi Kelas IX, Zahwa Ayu Anastasya siswi Kelas IX, dan Bercahaya Laksana Bintang dari Kelas VIII.

Sedangkan untuk siswa yang akan maju ke KSN IPA, sebut Wiyono, terdiri atas Jonathan Kevin Devano dari Kelas IX dan Mitchel Jeremy Ben Aryanto dari Kelas VIII.S

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago