Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Keren, 7 Pasar Rakyat Ini Diganjar Anugerah SNI dari Kemendag

Anugerah ini bukan hanya sebagai penghargaan untuk pasar rakyat, tapi juga sebagai kelayakan dan penghormatan terhadap yang disebut dengan standardisasi.
SHARE
Keren, 7 Pasar Rakyat Ini Diganjar Anugerah SNI dari Kemendag
SOLOPOS.COM - Aktivitas jual beli di Pasar Cisalak Depok, Jawa Barat. (liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA — Tujuh pasar rakyat di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia meraih anugerah Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Penganugerahan SNI untuk pasar tradisional diselenggarakan di Kota Pasar Panjang, Sumatra Barat, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan tersebut diberikan Kemendag karena inisiatif ketujuh pasar rakyat tersebut dalam memberikan fasilitas esensial bagi pedagang dan pengunjung pasar, seperti fasilitas kesehatan, kebersihan, keamanan, dan lain sebagainya.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Penerima sertifikat SNI Pasar Rakyat 2021 yakni Pasar Pusat Kota Padang Panjang, Pasar Bantung di Kota Banjar Baru, Pasar Gentan di Kabupaten Sleman, Pasar Gunung Batu di Kota Bogor, Pasar Gantung di Kabupaten Belitung Timur, Pasar Cisalak di Kota Depok, dan Pasar Padd’s Market di Kota Kendari.

Baca juga: Duka Semeru, Kemenkop akan Restrukturisasi Kredit UMKM Korban Erupsi

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan anugerah ini bukan hanya sebagai penghargaan untuk pasar rakyat, tapi juga sebagai kelayakan dan penghormatan terhadap yang disebut dengan standardisasi.

Jerry Sambuaga pun berkesempatan mengunjungi pasar rakyat di Padang Panjang bersama Wali Kota dan Kepala Dinas serta jajaran pejabat di kota tersebut. “Kami melihat, mengobservasi, meninjau apa saja yang menjadi pemenuhan standar SNI bagi pasar, misalnya ada ruang untuk fasilitas kesehatan, ada dokter, ada ruang untuk menyusui anak, dan fasilitas lainnya,” kata Wamendag, dalam Penganugerahan SNI Pasar Rakyat 2021 yang disiarkan secara daring pada Rabu.

Dia menjelaskan hal itu menjadi parameter, indikator, dan standar bagi Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan tersebut. “Ini juga merupakan sebuah motivasi dan semangat bagi kita semua untuk mengajak pasar-pasar di daerah lain agar bisa menerapkan standar seperti ini, dengan adanya pandemi Covid-19 di mana kita harus memberlakukan protokol kesehatan dengan baik,” tambah dia dikutip dari liputan6.com.

Baca juga: Kemendag Ungkap Ada 2.300 Peluang Bisnis Waralaba, Siapa Berminat?

Direktur Standarisasi dan Pengendalian Mutu Direktorat Jenderal PKTN Kemendag, Rr. Dyah Palupi, menguraikan pasar rakyat merupakan penggerak sektor ekonomi kerakyatan yang menjadi perhatian pemerintah saat ini.

“Agar eksistensi dan daya saing pasar rakyat terjaga, maka Kementerian Perdagangan melakukan kegiatan pembangunan atau revitalisasi pasar,” kata Dyah.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran mengatakan dirinya turut senang dan mengapresiasi digelarnya Penganugerahan SNI Pasar Rakyat 2021 di kota tersebut.

“Dengan penduduk hanya 60 ribu, alhamdulillah Kementerian Perdagangan melaksanakan [Penganugerahan SNI Pasar Rakyat 2021] di Padang Panjang,” tutur Fadly.

Baca juga: Penjualan Produk Asuransi Diwacanakan Wajib Direkam, Ini Respons AAJI



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode