SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melepas pengiriman dua kereta barang jenis container flat top wagon pesanan New Zealand dari PT Inka, Jumat (31/12/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — PT Industri Kereta Api (Inka) menerima pemesanan 262 gerbong kereta barang jenis container flat top wagon dari New Zealand, Selandia Baru.

New Zealand memesan kereta barang itu melalui KiwiRail, badan usaha milik negara Selandia Baru yang menangani operasi kereta api di Selandia Baru dan mengoperasikan kapal-kapal feri antarpulau.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Kisah Arya Penangsang, Raja Demak yang Meninggal Gegara Keris Sendiri

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan pengiriman perdana dua kereta barang ke New Zealand pada Jumat (31/12/2021). Dua kereta itu merupakan prototipe pesanan kereta barang dari negara tersebut.

Budi menuturkan PT Inka memiliki produk berkualitas dan harga lebih bersaing sehingga mampu menembus pasar ekspor. Dia berharap produk yang dikirimkan ke New Zealand harus dikerjakan secara profesional dan berkualitas.

Baca Juga : Tradisi Ruwat Rawat Candi Borobudur

“Selain bisa membuat kereta api, Inka juga bisa membuat bus listrik yang akan digunakan pada G20 dan reefer container [peti kemas berpendingin],” ujar Budi.

Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro, mengatakan Inka mendapatkan proyek pembuatan 262 gerbong kereta barang jenis container flat top wagon dari New Zealand. Saat ini, Inka telah mengirimkan dua kereta tersebut ke New Zealand untuk uji dinamis.

Baca Juga : Konvoi Suporter Persis Solo Dibubarkan Polisi, Ini Foto-Fotonya!

Proyek ini diharapkan menjadi langkah besar Inka Group kembali mengambil peran di pasar kereta api Oseania. PT Inka ingin mengulang kesuksesan saat menyuplai 224 blizzard centre sills ke BradkenRail, Australia.

“Kami telah menandatangani kontrak untuk New Zealand ini pada awal tahun 2021. Ini dua [kereta] kami kirim ke sana untuk dilakukan uji dinamis,” ujar Dirut Inka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya