SOLOPOS.COM - (Istimewa/Yoga Sanjaya dan Faiq Pramatya)

Solopos.com, SOLO – Dua siswa SMA Negeri 3 Solo berhasil menyabet medali perak dan medali perunggu dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 yang diselenggarakan Kemendikbud secara virtual pada Selasa-Rabu (9-10/11/2021).

Petugas Humas SMAN 3 Solo, Agus Sutarto, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, Sabtu (13/11/2021), menuturkan medali perak diraih oleh Faiq Pramatya M., sedangkan medali perunggu didapatkan oleh Yoga Sanjaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Medali perak yang didapat Faiq untuk mata pelajaran Fisika, dan medali perunggu yang diperoleh Yoga untuk mapel Kebumian. Mereka mewakili Solo dan Jawa Tengah berlaga di ajang kompetisi tingkat nasional,” terang Agus.

Baca Juga: Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menjelaskan sebelum maju ke tingkat nasional Faiq dan Yoga mengikuti uji kompetensi tingkat kota dan provinsi. Sebenarnya ada delapan mata pelajaran berbeda yang diikuti SMAN 3 Solo dalam ajang penuh gengsi tersebut.

Tapi hanya Faiq dan Yoga yang lulus tahap uji kompetensi di daerah, sehingga maju ke tingkat nasional. Agus menyebut prestasi yang berhasil ditorehkan Faiq dan Yoga merupakan kebanggaan bagi sekolah dan warga Solo.

Apalagi di tengah kondisi serba terbatas yang diakibatkan pandemi Covid-19 dua terakhir. “Walau masa pandemi Covid-19, siswa kami bisa eksis dia ajang kompetisi tingkat nasional. Ini merupakan kebanggaan kita,” imbuh dia.

Baca Juga: SMP Dimsa Borong Gelar Juara KSN Matematika Tingkat Kabupaten

Disinggung tes atau ujian selama pelaksanaan KSN 2021, menurut Agus dilakukan dengan mengerjakan soal-soal tertulis dan praktik. Sedangkan untuk ujian praktik menggunakan peralatan terkait materi yang diujikan.

Agus berharap dengan prestasi yang berhasil ditorehkan Faiq dan Yoga dapat memotivasi siswa-siswa lain di SMAN 3 Solo untuk meningkatkan kompetensinya. Caranya menurut dia dengan tetap rajin dan tekun dalam belajar.

Sebab pada tahun 2017 siswa SMAN 3 Solo juga menorehkan prestasi dengan meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). “Saat itu namanya masih OSN. Kalau sekarang sudah ganti menjadi KSN,” kata dia.

Baca Juga: Siap-Siap, Pelajar SD-SMA Solo Peserta PTM bakal Dites Swab Acak

Sedangkan Rahmulyo, guru pembimbing Faiq dalam KSN 2021 menjelaskan anak didiknya masih duduk di kelas XI MIPA 3. Sementara Yoga yang dibimbing oleh rekan Rahmulyo bernama Supriyanto, kelas XII MIPA 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya