SOLOPOS.COM - Dua dalang cilik yakni Mahesa Javas Setiawan (ketiga dari kanan) dan Radipta Husein Asrori (kedua dari kanan) dilepas Kepala Disdikbud Karanganyar. Yopi Eko Jatiwibowo (kiri), sebelum berangkat ke Jakarta pada Kamis (22/9/2022).(Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dua bocah asal Kabupaten Karanganyar akan mewakili Provinsi Jawa Tengah di Festival Dalang Tingkat Nasional di Jakarta pada Jumat (23/9/2022). Mereka adalah Gibran Mahesa Javas Setiawan, 11, asal Sroyo, Kecamatan Jaten dan Radipta Husein Asrori, 15, asal Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso. Gibran bakal mewakili Jateng untuk kategori anak, sedangkan Radipta kategori remaja.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Yopi Eko Jatiwibowo, mengatakan kedua dalang cilik ini secara resmi dilepas Pemkab Karanganya pada Kamis (22/9/2022) untuk tampil di Jakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami berharap kedua dalang ini bisa memenangi festival dalang di tingkat nasional,” harap Yopi.

Ditemui wartawan, Gibran mengaku akan memainkan lakon Anoman Obong di Jakarta. Ia sudah mempersiapkan secara matang untuk penampilan di festival dalang tingkat nasional tersebut. Gibran belajar mendalang sejak usianya masih tiga tahun, berawal dari kesukaannya melihat wayang di umur satu tahun.

Baca Juga: Gadis Cantik asal Jogja Ini Lebih Pilih Wayang Daripada K-Pop

Ia mengaku tak sabar menunjukkan kemampuannya di hadapan para maestro dalang nusantara. “Semoga bisa menang dipertunjukkan nanti,” harap siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo, ini.

Sementara Radipta akan menampilkan lakon Wangsa Lena dalam festival dalang nanti. “Mudah-mudahan bisa meraih penghargaan. Tapi yang penting bisa tampil ke tingkat nasional saja sudah bersyukur,” ujar pelajar SMK Negeri 8 Solo ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya