[ X ] CLOSE

Kereen, Polsek Polokarto Budi Daya Lele dan Hidroponik di Lahan Kosong

Ikan lele dapat dipanen setelah kurang lebih tiga bulan yang dapat dipasarkan dengan mengundang pedagang dari Pasar Polokarto.
Kereen, Polsek Polokarto Budi Daya Lele dan Hidroponik di Lahan Kosong

Solopos.com, SUKOHARJO—Ada cerita menarik dari Polres Sukoharjo. Polsek Polokarto didaulat menjadi percontohan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan di sekitar Mapolsek untuk kolam ikan.

Saat ini ada tujuh kolam yang siap ditebari benih lele dengan jumlah 3.000 ekor ikan per kolam. Ke depan akan ada tambahan tiga kolam lagi.

Tak hanya budidaya lele, Polsek Polokarto juga membudidayakan tanaman hidroponik berupa sawi dan bayam.

Langkah cerdas Polres Sukoharjo ini mendapat apresiasi dari anggota Komisi 3 DPR Eva Yuliana.

Anggota DPR dari Partai Nasdem itu menabur 10.000 ekor ikan lele ke tiga kolam di Mapolsek Polokarto, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Budi Daya Lele Jadi Harapan Pengentasan Kemiskinan di Desa Kadipiro, Sambirejo, Sragen 

“Untuk hari ini dilakukan penebaran benih ikan lele sebanyak 10.000 ekor ke dalam tiga kolam ikan lele. Polsek Polokarto memanfaatkan lahan kosong secara swadaya dengan total ada tujuh kolam. Dan ke depan akan ditambah lagi tiga kolam ikan lele. Masing-masing kolam bisa menampung antara 2000-3000 ikan,” ujar  AKBP Wahyu Nugroho Setiyawan saat mendampingi anggota Komisi 3 DPR Ibu Eva Yuliana, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (4/8/2021).

Eva Yuliana sangat mengapresiasi program kegiatan ketahanan pangan yang berupa budidaya ikan lele dan tanaman hidroponik berupa sawi dan bayam yang dilakukan Polres Sukoharjo.

Swadaya

“Meskipun hal ini masih dilakukan secara swadaya namun sudah dapat memberikan manfaat bagi anggota maupun kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, ikan lele dapat dipanen setelah kurang lebih tiga bulan yang nantinya dapat dipasarkan dengan mengundang pedagang dari Pasar Polokarto. Selain untuk ikan lele ada juga satu kolam yang berisi ikan nila.

Menurut Kapolres, konsep ketahanan pangan untuk mengangkat jati diri bangsa yang tidak selalu konsumtif dengan berbelanja namun juga gemar memanfaatkan lahan pekarangan untuk sesuatu yang produktif.

“Polsek Polokarto ini merupakan percontohan untuk program ketahanan pangan, dan saat ini Polsek-polsek lain di wilayah Polres Sukoharjo juga sedang didorong untuk melakukan program yang sama, sehingga kebutuhan akan makanan pokok dapat dipenuhi secara mandiri,” ujar perwira bergelar S.I.K, M.PICT, M.Krim itu.

 

 

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago