SOLOPOS.COM - Kondisi lahan Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (25/8/2022). Rencananya Alun-alun Utara digunakan kembali untuk penyelenggaraan pasar malam Sekatenan pada 16 September – 16 Oktober 2022. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengageng Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo buka suara mengenai tarif sewa stan Pasar Malam Sekaten yang mencapai Rp12 juta di Alun-alun utara, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Keraton memastikan akan ada evaluasi.

Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Adipati Dipokusumo, menjelaskan tarif stan yang ditawarkan Rp2,5 juta sampai Rp12 juta itu untuk durasi sebulan. Sekaten rencananya digelar pada 16 September-16 Oktober 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang biasanya mereka secara  tradisional turun termurun menjual sesuatu di situ, yang menjual kinang, pecut, telur, itu kan ya itu, harus ada semacam subtitusi. Jangan diambil rata-rata, nanti saya ngomong sama EO-nya [event organizer],” katanya saat ditemui Solopos.com di Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (28/8/2022).

Menurut Gusti Dipo, nantinya akan ada evaluasi mengenai acara Sekaten di Keraton Solo yang berlangsung setelah ada pelonggaran aturan terkait Covid-19 itu. Sekaten, menurut Gusti Dipo, merupakan upaya Keraton atau Pakubuwana XIII melaksanakan syiar agama Islam.

Dia mengatakan ada dua kegiatan rangkaian Sekaten, masing-masing Pekan Raya Sekaten atau pasar malam yang berlangsung selama satu bulan dan peringatan Sekaten. Peringatan Sekaten ditandai dengan upacara berupa keluarnya gamelan atau Miyos Gongso Sekaten ke Masjid Agung Solo.

Baca Juga: Tarif Sewa Stan Sekaten Keraton Solo Naik hingga 300 Persen, Pedagang Dilema

“Kemudian [gamelan] ditabuh sepekan lalu diakhiri dengan hajat dalem atau gunungan di Masjid Agung yang didoakan. Dengan itu semua acara pekan raya dan kegiatan Maulid Nabi berlangsung,” jelasnya.

Syiar Agama

Selain gamelan dan pasar UMKM, lanjut Gusti Dipo, ada beberapa atraksi berkaitan dengan seni hadrah dan syiar agama Islam saat Sekaten di Keraton Solo nanti. Pagongan Masjid Agung Solo yang sudah direnovasi siap menjadi salah satu tempat untuk Sekaten tahun ini.

“Syaratnya tetap menjalankan prokes. Mudah-mudahan tetap sehat supaya kegiatan budaya berjalan lancar,” jelasnya.

Baca Juga: Gibran Komentari Tarif Sewa Stan Sekaten Keraton Solo Rp12 Juta, Ini Katanya

Dia mengatakan Keraton Solo telah meminta izin kepada pemerintah untuk melaksanakan acara Sekaten. Keraton Solo juga mengundang sejumlah pejabat kementerian, antara lain Kementerian Agama.

Sebagai informasi, acara Sekaten bakal diselenggarakan mulai September sampai Oktober 2022 setelah ditiadakan selama pandemi Covid-19. Acara pasar malam Sekaten dijalankan event organizer atau pihak ketiga.

Wali Kota Solo menjelaskan Pemkot Solo mendukung sejumlah event yang diselenggarakan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) maupun Pura Mangkunegaran. “Ada Sekaten, kayak Mangkunegaran ada konser festival payung, banyak. Digenjot terus wae. Sip,” tuturnya.

Baca Juga: Sekaten Kembali Digelar, Pasar Malam di Alun-Alun Utara dan Alkid

Ukuran Stan

Di sisi lain, sejumlah pedagang yang biasa berjualan di Pasar Malam Sekaten Keraton Solo dan berencana membuka dasaran pada tahun ini mengaku keberatan dengan tarif sewa stan yang ditawarkan penyelenggara. Tarif itu naik cukup drastis dibanding Sekaten terakhir sebelum pandemi.

Berdasarkan brosur yang diterima Solopos.com, ada 11 jenis/ukuran stan yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi mulai Rp2,5 juta sampai Rp12 juta di Alun-alun utara, masing-masing perinciannya adalah stan tenda 4 meter x 4 meter Rp12 juta.

Selanjutnya kerucut 4 meter x 4 meter Rp12 juta, stan tenda 4 meter x 3 meter Rp6 juta, stan tenda 4 meter x 3 meter Rp5 juta, kaveling 4 meter x 3 meter Rp3,5 juta, kerucut 3 meter x 3 meter Rp5 juta, kerucut hall dome 3 meter x 3 meter Rp7,5 juta.

Baca Juga: Tarif Sewa Stan Sekaten Keraton Solo sampai Rp12 Juta, Pedagang Sebut Kemahalan

Kemudian ada kerucut gladak 3 meter x 3 meter Rp7 juta, stan dome 3 meter x 3 meter Rp10 juta, kerucut pagelaran 3 meter x 3 meter Rp7 juta, kaveling gerabah Rp2,5 juta.

Adapun penyelenggara acara membagi dua zona, masing-masing zona A dan zona B. Informasi pendaftaran dan pemesanan stan bisa melalui sejumlah nomor telepon, antara lain 081226293008, 081326235588, 0817440798, 081235694517.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya