SOLOPOS.COM - Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, S.I.S.K.S. Pakoe Boewono XIII, memperingati hari ulang tahunnya yang ke-74, di Sasono Hondrowino, Keraton Kasunanan Surakarta, Selasa (28/6/2022). (Bayu Jatmiko Adi/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Keraton Kasunanan Surakarta merayakan ulang tahun ke-74 Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, S.I.S.K.S. Pakoe Boewono XIII, di Sasono Hondrowino, Selasa (28/6/2022) malam.

Acara diawali dengan doa bersama dan ucapan selamat ulang tahun untuk Raja Keraton Kasunanan Surakarta. Sempat juga ada acara pemotongan kue dan tiup lilin dengan iringan lagu selama ulang tahun untuk Raja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rektor ISI juga menyebutkan pada hari itu, Selasa Kliwon atau Anggoro Kasih wuku Mondosio tahun Alip windu Sancaya, tanggal 28 Juni 2022 adalah bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-74 Raja Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, S.I.S.K.S. Pakoe Boewono XIII.

Untuk itu pihaknya juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Raja. Serta mendoakan agar Raja dan keluarga diberi umur panjang, Kesehatan dan kebahagiaan lahir dan batin.

Baca Juga: Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Sementara itu dari pihak Keraton Kasunanan Surakarta, Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Dipokusumo, mengatakan MoU dan MoA yang digelar pada momentum hari ulang tahun Raja diharapkan bisa menghasilkan sesuatu hal yang baik. Baik untuk dunia pendidikan maupun untuk keraton.

“Secara kelembagaan, keraton sudah menjadi sumber budaya Jawa. Namun secara akademisi, tentunya harus bisa [didukung] untuk penelitian, pengembangan dan pemanfaatan, maka dilakukan MoU,” kata dia.

Pada acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak serta para tamu undangan.

Baca Juga: Pura Mangkunegaran dan ISI Solo Kolaborasi Kembangkan Budaya & Seni

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Institut Seni Surakarta (ISI) Solo dengan Keraton Kasunanan Surakarta terkait pengembangan di bidang seni budaya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu juga dilakukan Penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Agreement (MoA) tentang pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan kerja sama bidang penelitian, oleh Wakil Rektor I ISI Solo, Bambang Sunarto dan Putra Mahkota Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.A.A. Hamangkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram.

Serta penandatanganan MoU tentang kerja sama bidang pergelaran dan pameran karya seni, oleh Wakil Rektor III ISI Surakarta, Sugeng Nugroho dan Putri Dalem Selaku Utusan Dalem Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, G.R.Ay. Putri Purnaningrum.

Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna, mengatakan Karaton Surakarta atau Karaton Surakarta Hadiningrat, merupakan Istana resmi Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berlokasi di Surakarta yang didirikan oleh Sri Susuhunan Paku Buwana II pada tahun 1744.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya