SOLOPOS.COM - Jalan yang rusak di sekitar kawasan Alun-alun Semarang dan juga Masjid Agung Kauman, Selasa (7/2/2023). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), berencana mengganti material akses atau jalan di sekitar Alun-alun Johar dan Masjid Agung Kauman Semarang dengan aspal. Hal ini menyusul kondisi jalan yang saat ini menggunakan paving block kerap rusak kendati sering diperbaiki.

Kepala Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang, M. Irwansyah, mengaku sudah mengecek ulang kerusakan jalan utama di Alun-alun Masjid Agung Kauman. Ia pun mengaku perbaikan jalan rusak itu akan mulai dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pekan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumat kemarin sudah disurvei. Minggu ini sudah akan proses perbaikan. Rencana material yang ada diangkat, lalu diganti aspal,” ujar Irwansyah, Selasa (7/2/2023).

Jalan di Alun-alun Semarang yang rusak itu pun kerap dikeluhkan warga sekitar. Salah satunya adalah Asep Koswara, yang sehari-hari bekerja sebagai tukang pasir di kawasan itu.

“Jalan di sini memang sering bermasalah. Sering diperbaiki, tapi kalau hujan deras pasti paving-nya rusak,” ujar Asep Koswara, Selasa.

Menurut Asep, perbaikan jalan yang rusak di Alun-alun Masjid Kauman hanya sebatas menambal batu andesit yang rusak. Asep juga menyebut kerap melihat, pekerja proyek hanya menambah material pasir kemudian memasang batu andesit yang baru.

“Saya lihat batu paving-nya yang dipasang tebalnya beda-beda. Ada yang tipis. Ada yang tebal. Sekitar dua pekan lalu saya juga lihat sendiri material paving-nya saat dilintasi mobil langsung terlontar bahkan kena kaca motor anggota polisi yang sedang jaga,” ujar Asep.

Perbaikan pun mulai dilakukan lagi, seperti yang tampak pada Selasa siang di sepanjang ruas jalan masuk pelataran Masjid Kauman. Menurut Asep, ia mendengar kabar Pemkot Semarang akan memperbaiki akses jalan yang rusak di Alun-Alun Masjid Kauman Semarang dengan mengaspal jalan sebagai ganti material batu andesit.

“Lebih awet diaspal daripada dipasang paving macam ini. Semoga ada perbaikan segera,” lanjutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya